Rakor Pengawasan Daerah, Bupati Ngawi Ingin ASN Tingkatkan Integritas

Ngawi - Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah bertajuk “Jaga Ngawi Dengan Integritas Diri” di Kurnia Hall, Selasa (15/2).

Mengawali sambutannya, bupati memberikan apresiasinya untuk Inspektorat Kabupaten Ngawi yang telah berkomitmen mengawal seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahanan Kabupaten Ngawi sehingga tercapai visi dan misi Kabupaten Ngawi.

"Dengan komitmen tersebut, kita tidak hanya mendapatkan rapor prestasi saja, tetapi juga peningkatan integritas ASN Kabupaten Ngawi yang semakin baik," katanya.

Tidak hanya itu, Ony Anwar Harsono juga menjelaskan peran baru Inspektorat dalam peningkatan integritas ASN, dengan melakukan pengawasan terus menerus.

"Inspektorat saat ini memiliki paradigma baru, sebagai quality assurance dalam menjamin kualitas program kegiatan dan consulting agar program berjalan sesuai kaidah, baik secara perencanaan maupun penganggaran agar bisa berjalan dengan baik," lanjutnya.

"Jaga Ngawi Dengan Integritas Diri" diterangkan Bupati Ngawi sebagai bentuk pengingat untuk semuanya, menjadi pribadi yang bertanggungjawab, dan amanah, "Dan kemudian bersama - sama saling nasehati agar tercipta integritas dalam diri kita, semakin baik," ujarnya.

Sementara itu, Inspektur Yulianto Kusprasetyo dalam laporannya menyebutkan, Inspektorat selain fungsi pengawas intern di daerah, sekarang bertugas untuk menjamin mutu dan memberikan konsultasi bagi OPD dalam menyusun program perencanaan maupun penganggaran agar sesuai misi Kabupaten Ngawi.

Yulianto juga memaparkan hasil laporan APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) yang telah dilakukan serta capaian kinerja dan penghargaan yang diraih Inspektorat di tahun 2021.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi "Upaya Bersama Dalam Perbaikan Tata Kelola Pemerintah Daerah Bebas Korupsi" dari perwakilan KPK Septa Adhi Wibawa.

Turut hadir, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Ketua DPRD Ngawi Heru Kusnindar, Sekretaris Daerah Mokh. Sodiq Triwidiyanto dan narasumber dari KPK Septa Adhi Wibawa serta pimpinan OPD, camat beserta kepala desa.