DLH Pangkep Bina Camat dan Desa Kelola Sampah

Pangkep – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) melakukan koordinasi kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah.

Dalam pembahasan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Pangkep akan berupaya membina kecamatan dan kelurahan/desa dalam penanganan sampah.

Dalam rapat koordinasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tamrin Taba menyampaikan, jika penanganan sampah yang perlu disiapkan pertama adalah armada pengangkut sampah.

“Hal yang perlu diperhatikan adalah kesiapan armada pengakut sampah, armada yang ada saat ini masih kurang, sementara menurut data sebanyak 100 ton sampah yang dihasilkan setiap harinya,” jelas Tamrin di Pangkep, Selasa (15/2).

Ditambah Tamrin, pihaknya berencana akan menghadirkan tempat penampungan sampah di masing-masing kecamatan dan desa/kelurahan.

“Rencananya, salah satu hal yang diupayakan adalah adanya tempat penampungan sampah sementara di kecamatan hingga desa/kelurahan,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menyampaikan, masalah sampah adalah tanggung jawab semua pihak.

“Penanganan sampah menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk pemerintah desa/kelurahan dan camat, harus bersama-sama mengurangi penggunaan sampah, sampah yang tidak tertangani dengan baik juga akan berdampk buruk pada kesehatan, di tengah masyarakat,” pungkas bupati Pangkep.