BBSDMP Kominfo Makassar Gelar Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy di Labuan Bajo

Labuan Bajo - Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Makassar (BBPSDMP) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, kembali menggelar kegiatan Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) angkatan ke-4, Senin, 21 Februari 2022 di Hotel La Prima Labuan Bajo.

Pelatihan Digital angkatan ke-4, mengusung tema yang sama seperti Angkatan sebelumnya yaitu "Wirausaha Go Digital Mengelola Keuangan, Akses Permodalan dan Digital Marketing". Kegiatan ini diikuti 180 peserta yang merupakan keterwakilan setiap kecamatan se-Kabupaten Manggarai Barat, yang sebelumnya telah melakukan rapid test oleh petugas.

Rencananya kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 21 - 22 Februari 2022. Sebelumnya pada tanggal 4 - 5, 8 - 9 dan 18 - 19 Februari yang lalu telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Digital angkatan I, II, dan III dengan jumlah peserta masing-masing 180 orang yang juga merupakan keterwakilan Kecamatan se-Kabupaten Manggarai Barat.

Digital Enterpreneurship Academy merupakan Program stimulan yang ditujukan, untuk meningkatkan kompetensi talenta digital bagi yang mempunyai aktivitas pada bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sebagai upaya mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy adalah upaya pemerintah, baik pusat dan daerah untuk meningkatkan kualitas UMKM.

Dengan meningkatnya kualitas UMKM, bupati berharap akan mendorong UMKM lebih siap dan mampu menghadapi persaingan ekonomi dan tantangan terutama di masa pandemi COVID-19.

Hal ini disampaikan Bupati Manggarai Barat, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadis Kominfo Kabupaten Manggarai Barat Paulus Setahu yang mewakili bupati, saat membuka kegiatan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy ini secara resmi di Aula Hotel Jayakarta Labuan Bajo Jumat (4/2) lalu.