Bupati Rohul Berkomitmen Tingkatkan Infrastruktur Jalan Antardesa

Rohul - Kurang lebih 30 tahun masyarakat Desa Pasir Luhur belum merasakan pembangunan infrastruktur jalan aspal. Namun, di masa kepemimpinan Bupati Rokan Hulu Sukiman, masyarakat sudah bisa merasakan pembangunan infrastruktur pengaspalan jalan di desanya.

Di momen HUT Desa Pasir Luhur ke-30, Pemkab Rohul terus berupaya meningkatkan jalan penghubung antardesa, sebagai akses utama meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal itu dikatakan Bupati Sukiman saat menghadiri HUT Desa Pasir Luhur Ke - 30, di Balai Desa Pasir Luhur, Kecamatan Kunto Darussalam, Rohul, Rabu (23/2) lalu.

"Saya mengucapkan selamat hari jadi Desa Pasir Luhur ke-30. Di usia 30 tahun ini sudah dewasa, artinya dari tahun ke tahun desa ini semakin maju," harapnya.

Diakui Bupati Sukiman, kemajuan Desa Pasir Luhur ini bisa dilihat dari aspek pembangunan. Saat ini sudah berdiri gedung olahraga yang megah, kantor desa dan jalannya juga sudah diaspal.

"Pembangunan aspal jalan dipedesaan ini program saya. Saya akan berupaya melakukan pemerataan pembangunan di perdesaan, seperti Desa Sungai Salak yang belum tersentuh aspal, saat ini sudah diaspal kan, begitu juga dengan desa lainnya," jelasnya.

Bupati Sukiman menambahkan, jalan penghubung antar desa akan ditingkatkan, mulai dari Desa Pasir Luhur-Desa Rawa Makmur, Pasir Luhur-Desa Pasir Indah.

"Saya akan berusaha sama Pak Anton selaku Kadis PUPR Rohul mencari anggaran ke pemerintah pusat. Saya juga meminta kepada masyarakat sama-sama berdoa, mudah-mudahan kita diberi kesehatan untuk bersama membangun Rohul lebih maju," pintanya

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Luhur Soleman mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul yang telah memenuhi ekspektasi masyarakat, puluhan tahun desa ini belum tersentuh aspal, saat ini masyarakat sudah merasakannya

"Selama tiga tahun terakhir pak Bupati berkunjung kesini jalannya masih berdebu, tapi Alhamdulillah berkat kebijakan bapak, jalan desa ini sudah diaspal. Kami juga meminta lagi sampai Pak Bupati untuk mengaspalkan jalan penghubung antardesa seperti ke Rawa Makmur, Muara Dilam dan Pasir Indah," ujarnya.

Soleman mengaku secara umum untuk pembangunan Desa Pasir Luhur sudah mengalami kemajuan, baik itu pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Alhamdulilah pembangunan sudah banyak terealisasi, kalau kita harapkan tentu masih ada pertama sekali infrastruktur jalan penghubung antar desa," harapnya.

"Karena akses kami ketika musim hujan cukup parah, Jalan ke Rawa Makmur 3.8 KM, ruas jalan penghubung antardesa, kecamatan, Pasir Luhur-Pasir Indah 3.5 KM. Kalau untuk fasilitas pendidikan insya Allah sudah hampir selesai, baik itu pendidikan formal maupun non formal," jelasnya.

Lanjut Soleman, untuk perkembangan Bumdes Sri Rejeki tahun 2021 cukup baik. Dari SHU meningkat dari awalnya hanya Rp204.000 juta di tahun 2020, SHU tahun buku 2021 meningkat Rp264.251.471. Tahun 2022 pengurus Bumdes berkomitmen meningkatkan SHU menjadi Rp300.000.000.

Di akhir kegiatan, Bupati Rohul Sukiman memantau pelaksanan vaksinasi dan mendampingi Kades Pasir Luhur yang melakukan booster. Capaian vaksinasi di Pasir Luhur mencapai 94 persen dan untuk anak-anak 97 persen.