Damkar Kabupaten Banjar Gelar Peringatan HUT ke-103

Martapura - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Masruri memimpin apel peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-103 secara virtual, di Mahligai Sultan Adam, Martapura, Selasa (1/3) pagi.

“Peran relawan juga sangat membantu, selalu sigap dan tanggap dalam menangani peristiwa kebakaran dan penyelamatan di lingkungan masyarakat,” ujar Masruri.

Masruri juga berharap, kedepan Pemerintah Daerah terus mendukung keberadaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), dan rencananya dalam waktu dekat juga akan difasilitasi dengan pengadaan gedung kantor yang baru.

Apel ini digelar secara virtual, selaku Inspektur Upacara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Makasar, dihadiri Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA.

Apel ini juga diikuti oleh seluruh DPKP se Indonesia secara, sementara dari Kabupaten Banjar dihadiri Kabid Pencegahan DPKP Banjar Eddy Elminsyah Jaya, Kabid Pemadaman Kebakaran Ridwan beserta anggota dan relawan Damkar.

Sebagai informasi sejarah Damkar sendiri awalnya dikenal dengan nama “Branwir” dari Bahasa Belanda: Brandweer bermula pada tahun 1873.

Dimana terjadi kebakaran besar di Kramat Kwitang, dan residen (sekarang Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan peraturan atau reglemet pada tahun 1915 dengan nama Reglement op de Brandweer in de Afdeeling stad Vorsteden van Batavia.