Dua Kecamatan di Kabupaten Banjar Diterjang Puting Beliung, 95 Rumah Rusak

Martapura - Angin puting beliung yang menerjang dua kecamatan di Kabupaten Banjar, yakni Kecamatan Sungai Tabuk dan Martapura Barat mengakibatkan 95 unit rumah rusak ringan, sedang dan berat.

“Jumlah sementara 95 rumah yang rusak terdiri dari 23 unut rusak berat, 10 unit rusak sedang dan 62 unit rusak ringan, dan data sebagian masih belum masuk,” tuturnya, Selasa (1/3).

Ia menjelaskan bahwa terjadi bencana angin puting beliung pada Senin (28/2) sekitar pukul 17.00 yang mengakibatkan kerusakan porak poranda permukiman warga dengan total 84 unit rumah di Kecamatan Sungai Tabuk pada 5 desa.

“Desa yang terkena puting beliung di Kecamatan Sungai Tabuk yakni desa Pemakuan sejumlah 35 unit rumah, Sungai Tabuk Keramat sebanyak 15 unit rumah, Lok Buntar sebanyak 23 unit rumah, Sungai Bangkal sebanyak 9 unut rumah, Pembantanan 1 buah rumah dan di Kecamatan Martapura Barat yakni desa Sungai Rangas Hambuku 1 unit rumah,” tuturnya.

Solhan menjelaskan bahwa penanganan sementara karena sifatnya tanggap darurat, pagi tadi untuk BPBD sudah menyuplai sembako untuk dapur umum, penanganan selanjutkan akan dikeluarkannya Surat Keterangan (SK) tanggap darurat dari bupati.

“Nanti prosedur langkah selanjutnya berupa bantuan melalui pola TNI dan kamtibmas nanti melaksanakan di lapangan, ini masih dibikin SKnya,” ungkapnya.

Kalak BPBD Kabupaten Banjar juga mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai anomali cuaca pada musim pancaroba yang berpotensi menyebabkan bencana.