Kominfo Canangkan Agenda Digital Economy Working Group

Natuna - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan agenda Digital Economy Working Group (DEWG) sebagai bentuk dukungan pada presidensi G20 Indonesia tahun 2022.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo sekaligus Chair Digital Economy Working Group (DEWG) G20 2022 Mira Tayyiba mengatakan bahwa DEWG akan membahas tiga isu prioritas yang akan disampaikan di KTT G20 pada November 2022 mendatang.

"Pertama, konektivitas digital dan pemulihan pascapandemi COVID-19. Ini bukan masalah ketersediaan akses saja, tapi menciptakan digital yang aman, produktif, membangun fairplay untuk penyelenggara dan resilience infrastructure," ungkapnya dalam acara Sofa Talk Series dengan tema Rangkaian Agenda Isu Digital dalam Presidensi G20 Indonesia, yang dilasanakan secara virtual pada Jumat (4/3).

"Kedua, mengenai kecakapan digital dan literasi digital. Kita harus pastikan yang mengakses ini bisa memanfaatkannya. Bagaimana kita memperkuat literasi digital agar penggunaannya produktif dan menciptakan suatu nilai. Ketiga arus data lintas negara. Ini isu strategis. Konsekuensi berkembangnya kegiatan di ruang digital, maka akan menghasilkan banyak data, bahkan di tingkat global," lanjut Mira.

Selanjutnya, Dedy Permadi sebagai staf khusus kementerian yang juga sebagai co chair Digital Economy Working Group (DEWG) G20 2022, menyampaikan bahwa secara visual yang akan menggambarkan transformasi digital Indonesia, kegiatan tersebut bukan show kominfo tapi adalah show terkait perkembangan Indonesia yang memiliki optimis. Ini menunjukan bahwa teknologi digital kita membawa beragam perubahan ke arah yang lebih baik.

Dan yang terakhir adalah arus data lintas negara. Ini menjadi isu strategis karena adanya konsekuensi dari berkembangnya aktivitas di ruang digital, maka akan menghasilkan banyak data. Acara ini akan dilaksanakan pada November mendatang sejalan dengan kegiatan Leader summit dimana bertemunya pimpinan dunia.

Working group DEWG sendiri akan dilaksanakan di lima kota mulai dari Jakarta, Lombok, Yogyakarta, Labuan Bajo, dan Bali. Lombok sendiri merupakan pertemuan pertama dari working group DEWG. Pertemuan kedua dan ketiga working group DEWG akan dilakukan di Yogyakarta dan Labuan Bajo, sementara Bali akan menjadi pertemuan para Menteri Komunikasi dan Informatika G20.