Wakil Bupati Morowali Luncurkan Dua Program Inovasi Daerah

Morowali - Wakil Bupati Morowali, Sulawesi Tengah, Najamudin meluncurkan program Inovasi Gema Siwira dan Rumah Sendiri.

Program rumah sendiri digagas oleh Kepala Dinas (Kadis) Perumahan, Permukiman Wilayah dan Pertanahan, Bachtiar Peohoa, dan Program inovasi Gema Siwira digagas Kadis Perindustrian dan Perdagangan, H. Zaenal.

"Gagasan Rumah Sendiri merupakan akronim dari Rumah Sejahtera Mandiri yakni suatu inovasi merehabilitasi rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni di Kawasan Objek Wisata Pulau Sombori  Desa Mbokita Kecamatan Menui Kepulauan untuk dapat disewakan kepada para Wisatawan dengan merubah kamar tidur, kamar mandi dan dapur menjadi lebih baik. Sementara untuk Inovasi Gema Siwira adalah akronim dari Gerakan Masyarakat Pesisir Berwira Usaha untuk mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu yang bermukim di wilayah pesisir dan kepulauan membangun usaha hasil laut dari bahan dasar ikan untuk dijadikan abon dan lain sebagainya yang siap dipasarkan," kata Najamudin pada akhir pekan.

Najamudin berharap, hadirnya Inovasi tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat. ‘

"Diharapkan inovasi ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya yang bermukim di wilayah pesisir dan kepulauan," paparnya.