Cegah Stunting, Bupati Banjar Serahkan Alat Kesehatan Bagi Lima Puskesmas

Martapura - Bupati Banjar Saidi Mansyur menyerahkan sejumlah bantuan alat kesehatan pencegahan stunting dalam rangka Hari Gizi Nasional Tahun 2022 kepada lima kepala Puskesmas pada saat Rapat Koordinasi Mingguan Pemerintah Kabupaten Banjar di Aula Barakat Martapura, Senin (7/3).

Bantuan tersebut diberikan kepada Kepala Puskesmas Astambul Bahrian Nor, Plt Kepala Puskesmas Martapura Timur H Akhmad Baidawi, Kepala Puskesmas Martapura Barat Irfan Maulana, Kepala Puskesmas Sungai Tabuk 1 Mustika Murni dan Kepala Puskesmas Sungai Tabuk 2 Hartati Rahmini.

Kadinkes Banjar Yasna Khairina mengatakan, bantuan yang diberikan ini sejalan dengan program Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dalam penurunan angka stunting.

”Mudah-mudahan dengan alat ini petugas  gizi yang melakukan pengukuran tingi, panjang dan berat badan bisa lebih akurat, dan kita bisa sejak dini melakukan intervensi jika ditemukan yang stunting,” harap Yasna.

Sementara itu, Asisten Manager Pemasaran Dana PT Bank BRI Cabang Martapura Novrida Ariyanti mengatakan, dalam rangka Hari Gizi di seluruh Indonesia, pihaknya memberikan bantuan beberapa alat kesehatan untuk pencegahan stunting.

Ia nenjelaskan, pencegahan stunting ini salah satu tujuannya untuk memenuhi gizi, memberikan ASI eksklusif kepada bayi, mendampingi ASI eksklusif dengan MPasi yang sehat, memantau kesehatan ibu dan anak serta selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Anak-anak seluruh Indonesia dapat berkembang dengan baik melalui program gizi seimbang yang diberikan kepada anak usia dini, kedepan BRI akan selalu memberikan bantuan yang positif dan berguna bagi masyarakat,” harapnya.

Bantuan yang diberikan sebanyak lima paket berupa tas antropometri kit, timbangan digital babysacal, timbangan body fat, alat pengukur tinggi bayi, alat ukur lingkar lengan dan thermo standing.