Musrenbang RKPD 2023 Mulai Digelar di Empat Kecamatan Polman

Polewali Mandar - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2023 pada 7-10 Maret 2022.

Musrenbang dimulai pada empat kecamatan, yaitu Binuang, Anreapi, Polewali dan Matakali. Tema Musrenbang tahun 2023 yaitu “Pemantapan Kesejahteraan Masyarakat melalui Penguatan Sumber Daya Manusia, Pemulihan Ekonomi dan Pemerataan Infrastruktur“.

Rancangan prioritas RKPD Tahun 2023 antara lain penguatan layanan pendidikan dan kesehatan, percepatan pengurangan kemiskinan, penguatan daya saing ekonomi berbasis potensi unggulan daerah, pemerataan infrastruktur wilayah berwawasan lingkungan dan pemantapan kualitas tata pemerintahan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sukirman dalam sambutannya menyebutkan, harapan atau usulan masyarakat tingkat bawah yang mengemuka di musrenbang dapat terakomodir dalam rancangan prioritas pembangunan Tahun Anggaran 2023.

“Musrenbang memang diharapkan sudah tidak memakan waktu panjang karena di pra musrenbang ada rumusan yang dibuat bersama, sehingga hari ini ada diskusi pengurangan dan penambahan. Mudah-mudahan ini berjalan efektif tidak sekedar seremonial saja. Usulan dari masyarakat bawah seperti apa, sangat diharapkan adanya pokok-pokok pikiran yang diusung oleh Bapak Dewan disampaikan juga, sehingga masuk di RKPD,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Polewali Mandar Syukur, mencermati dan memperhatikan apa yang menjadi skala kebutuhan tingkat kecamatan dan desa ini memang penting menjadi perhatian kabupaten dalam mencermati kebutuhan tahun 2023.

“Fenomena diskusi lebih banyak persoalkan penanganan masalah banjir, sampah dan tentu penciptaan lapangan kerja. Tiga aspek itulah, yang menjadi harapan besar dapat diimplementasikan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui penganggaran 2023,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri perangkat kerja terkait, camat, DPRD, TNI, Polri, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.