Tabalong Terpilih Gelar Rakornis Pariwisata se-Kalsel

Tabalong - Kabupaten Tabalong ditunjuk menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pariwisata se Kalimantan Selatan tahun 2022. Kegiatan itu direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret mendatang di Taman Burung Hutan Kota kecamatan Murung Pudak.

Kabid Pariwisata Disporapar Tabalong Lilis Marta Diana, Selasa (8/3), menyampaikan ditunjuknya Tabalong menjadi tuan rumah Rakornis Pariwisata se-Kalsel atas permintaan Dinas Pariwisata Provinsi.

“Kemarin hari Jum’at rombongan Kadispar provinsi beserta jajaran dan didampingi Kabid Pariwisata Tabalong menghadap Bupati untuk memohon rekomendasi beliau agar dapat persetujuan sehingga Rakornis itu dapat dilaksanakan di Tabalong,” ujarnya.

Lilis menerangkan Tabalong dipilih jadi tuan rumah Rakornis Pariwisata se-Kalsel karena beberapa pertimbangan.

“Pertama terkait dengan IKN di paser karena kita sebagai penyangga ibukota, kemudian memang banyak hal yang dapat dijadikan pembelajaran dan pengembangan inovasi pariwisata kedepan bagi seluruh pengelola pariwisata kabupaten/kota se Kalsel serta mungkin pengalaman lainnya yang bisa dipetik di daerah kabupaten Tabalong,” terangnya.

Ia juga menyebutkan saat pelaksanaan pembukaan Rakornis nanti akan diisi dengan bazar ekonomi kreatif (ekraf) dan pertunjukan tarian daerah.

“Peserta bazar Ekraf yaitu binaan pariwisata Tabalong, jadi kabupaten/kota lain tidak membawa sovenir masing-masing tapi lebih ingin melihat bagaimana produk dari Tabalong,” sebutnya.

“Kita menyiapkan 15 stand, isinya ada kerajinan, produk pangan dan lainnya,” timpal pemilik Sanggar Langit Tanjung ini.

Selain itu, pada saat pembukaan juga akan dilaksanakan pelantikan Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) DPC Tabalong serta pelantikan Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) kabupaten Tabalong.

“Organisasi tersebut akan dilantik pada saat pembukaan Rakornis nanti, setelah pembukaan dan pelantikan tersebut pada tanggal 16 Maret akan dilaksanakan Rakornis di Hotel Aston Tanjung,” ucap Lilis.

Lilis menuturkan dalam pelaksanaan ini direncanakan akan dihadiri oleh tiga Deputi Kementerian

“Ada Deputi Kementerian hadir pada pelaksanaan ini, kita ingin dari kementerian ini sekaligus juga melihat objek wisata terdekat maka kita pilihlah objek wisata dalam kota yaitu Taman Burung Hutan Kota,” tuturnya.

Ia pun mengatakan saat ini persiapan di lokasi pun sudah dilakukan baik itu pembersihan hingga penataan taman.

“Kita sudah melakukan pembersihan dan penataan lokasi objek wisata, persiapan baru 50 persen,” tandasnya.