Wabup Tanah Datar Ikuti Rakor Kepala Daerah se-Sumbar

Batusangkar - Rapat koordinasi (Rakor) Kepala Daerah se-Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2022 digelar di Kepulauan Mentawai. Kegiatan yang dilaksanakan dua hari pada Senin-Selasa, (7-8/3) ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian.

Hadir pula Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bupati/Wako, Dirjen IKP Kemenkominfo, Sekretaris daerah, Kepala Bappeda, Kadis Pariwisata, Kadis Kominfo, Kadis Perindag se-Sumatra Barat.

Kegiatan rakor tersebut diawali dengan acara ramah-tamah di Aula Kantor Bupati Kepulauan Mentawai.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan peninjauan proyek pengembangan Bandara Mentawai di Rokot, penanaman bibit mangrove di Pantai Goiso Oinan, Sipora Selatan, dan meninjau Taman Kima di Pantai Jati, penyerahan bantuan hand tractor dan 300 batang bibit jengkol untuk tiga kelompok tani serta kunjungan ke kelompok budidaya ikan air tawar.

Peserta Rakor juga sempat menikmati salah satu spot keindahan alam bawah laut antara Pulau Semakakang dan Pulau Awera. Lalu, menyelam di perairan dangkal didampingi para penyelam dari Padang Diving, UNP Diving, UBH Diving, instruktur selam nasional Mabruri Tanjung dan Basarnas Mentawai.

Kegiatan di hari pertama ditutup dengan acara melepas Bupati dan Wakil Bupati Mentawai yang akan memasuki masa purna tugas, pada Mei 2022 mendatang, kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Mentawai.

Bupati Mentawai Yudas Subbagalet mengungkapkan rasa bangga atas dipilihnya Mentawai sebagai lokasi Rakor kepala daerah se-Sumbar tersebut.

"Pemerintah daerah sangat bangga gubernur menetapkan Rakor di Mentawai dan sangat termotivasi membangun daerah, ini juga wujud perhatian yang kuat dari gubernur dan wakil gubernur untuk membangun Mentawai dan Sumbar secara umum," kata Yudas dalam sambutannya, Senin (7/3).

Disamping itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan apresiasi atas kesediaan Pemkab Mentawai sebagai tuan rumah Rakor Kepala Daerah se-Sumbar. Mahyeldi juga mengagumi keindahan pantai dan potensi sumber daya alam Mentawai.

"Pemprov Sumbar mengapresiasi fasilitas dan kesediaan Pemkab Mentawai sebagai tuan rumah Rakor Kepala Daerah se-Sumbar tahun 2022 ini," katanya.

"Mentawai memang luar biasa potensinya, pariwisatanya istimewa. Ini harus dikembangkan terus dengan tetap menjaga kelestarian alamnya. Tidak ada kekurangannya Mentawai. Sangat istimewa, air kelapa mudanya rasanya beda, enak sekali," pungkasnya.