Tim Jempol Pelanduk Disdukcapil Banjar Sasar Warga Desa di Tatah Makmur

Martapura - Sempat tertunda selama dua pekan karena PPKM Level 3, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar kembali menggiatkan inovasi 'Jempol Pelanduk' atau (Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan).

Kegiatan Jempol Pelanduk dengan menurunkan enam petugas tersebut digelar 8-9 Maret 2022 di Desa Pemangkih Tengah, Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (8/3).

Pelayanan keliling yang dilakuma  berupa pencetakan Kartu Keluarga, rekam KTP Elektronik, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, dan dokumen kependudukan lainnya.

Sekretaris Desa Pemangkih Tengah Rahmadi sangat bersyukur dengan adanya pelayanan keliling dari Disdukcapil tersebut, karena warganya bisa terbantu.

Sedangkan, Koordinator Pelayanan Keliling Administrasi Kependudukan Fitriyani Wulansari menjelaskan, untuk perekaman KTP El hari ini tidak bisa langsung dicetak karena stok blangko dalam keadaan kosong dan digantikan dengan suket (Surat Keterangan Sementara) sebagai pengganti yang masa berlakunya hanya 14 hari.

"Nanti kalau sudah tersedia blanko KTP-El baru bisa dicetak," ujarnya.

Lebih jauh Fitriyani menjelaskan, desa-desa yang mengajukan pelayanan keliling adminduk sudah di-list, dan setiap hari pihaknya akan mendatangi secara bergiliran.

"Masing-masing desa didatangi Tim Pelanduk 1 - 4 hari tergantung banyaknya permohonan dari desa bersangkutan, dan prokes tetap kita terapkan," pungkasnya.