Kapolres Rohul Minta Satgas COVID-19 Cegah Varian Omicron

Rohul - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menggelar Rapat Analisis dan Evaluasi (Anev) Penanganan COVID-19 dan Vaksinasi secara virtual, Selasa (8/3).

Selain dihadiri Forkompinda Riau dan seluruh Polres dan jajaran, rapat ini juga turut dihadiri Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, Wakapolres Kompol Adi Prabowo, para pejabat utama Polres Rohul, kepala dinas, badan, kantor instansi terkait, perwira, Paur Humas Aipda Mardiono dan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Riau menilai percepatan vaksinasi merupakan upaya efektif dalam memutus penyebaran COVID-19. Ia juga mengapresiasi pencapaian vaksinasi di Bumi Lancang Kuning yang persentasenya saat ini mulai naik.

"Terima kasih banyak, kita harus cepat untuk kerja kembali. Ingat bahwa bulan depan kita sudah masuk bulan Ramadhan," ujar Iqbal.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau, Polri dan TNI telah bergandengan tangan dalam melakukan berbagai inovasi dan edukasi kepada masyarakat, guna percepatan penanganan COVID-19, seperti menggandeng kerjasama dengan berbagai pihak dalam percepatan vaksinasi.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito menyampaikan, anev bersama Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal dalam rangka penanganan COVID-19 dan vaksinasi sebagai bentuk dedikasi Polri untuk Masyarakat.

“Dalam penanggulangan COVID-19, apalagi dengan varian Omicron,  kita berharap jangan ada atau sempat ada korban lagi  atau  meninggal dunia, untuk itu  kita  terus kontinu melakukan langkah antisipasipatif," imbaunya

Kapolres juga meminta Tim Satgas Penanganan COVID-19 Rohul supaya harus tetap waspada, kemudian dengan menggencarkan kegiatan vaksinasi baik dosis satu (d1), dosis dua (D2) dan lanjutan (Nooster).

“Saya apresiasi tim yang sudah bekerja keras, tetap  kita pertahankan kerjasama dengan stakeholder dan semua elemen masyarakat," tuturnya

Dirinya mengajak Masyarakat agar melaksanakan mengikuti vaksinasi, selain untuk mengikuti  program Pemerintah termasuk untuk  terciptanya kekebalan kelompok. Ia juga meminta agar kembali mengefektifkan  kerjasama yang ada  dengan bekerja keras.

"Sehingga pencapaian  kekebalan komunal (herd immunity) dapat dioptimalkan, khususnya vaksinasi booster untuk lansia dan anak-anak," paparnya lagi.

"Untuk itu vaksinasi terus digencarkan, diharapkan para kapolsek dan intansi terkait di lingkungan Pemda Rohul supaya mendedikasikan dirinya agar awal pencapaian kekebalan komunal dapat optimal," sambungnya.

"Tentu hal ini dengan cara elegan mengajak Masyarakat agar melaksanakan vaksinasi,” jelasnya.

Kapolres pun mengapresiasi camat, kepala puskesmas, kapolsek, danramil, kepala desa,  komunitas, ormas dan lainnya yang telah menggelar vaksinasi massal.

“Bagi yang belum, saya harapkan agar digenjot untuk pencapaian vaksinasi secara optimal,” jelasnya.

AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito berharap  masyarakat yang terpapar COVID,-19 dan sedang melaksanakan isolasi untuk memperbanyak berdoa kepada Allah SWT supaya segera sembuh

"Kemudian, bagi masyarakat lainnya diharapkan dapat meningkatkan dan memperketat Protokol kesehatan (prokes)  dengan  disiplin," tegasnya.

Selanjutnya, untuk  langkah antisipasi penyebarannya di tengah-tengah masyarakat, Kapolres  meminta agar dapat dilakukan upaya deteksi COVID-19 untuk Pelaku perjalanan dari luar, Kabupaten Rohul dan Provinsi Riau.

“Untuk  kedatangan dari luar Rohul dan Provinsi Riau harus kita perketat dengan melalukan tes acak secara masif dan terkontrol,” tandasnya.