Program Desa Cantik dan Smart Kampung Manis Akan Dipadukan

Martapura - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjar Abdullah Riva’i didampingi Statistisi Ahli Madya BPS Banjar Eddy Erwan Nopiannoor melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) setempat.

Kunjungan tersebut disambut oleh Sekretaris DKISP Banjar Faisal, di Aula Kantor DKISP Banjar, Kamis (10/3) pagi.

Abdullah Riva’i menjelaskan terkait dengan Smart Kampung Manis yang telah dilaksanakan oleh DKISP Banjar, sedangkan di BPS ada Program Desa Cantik (Cinta Statistik). Program ini merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No.16 Tahun 1997 tentang Statistik. Program juga sejalan dengan semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Adapun program Smart Kampung Manis merupakan terobosan baru dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat yang berbasis desa dan kelurahan.

“Kami mau memadukan Desa Cantik dengan Smart Kampung Manis ini, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik perpaduan,” harapnya.

Riva’i menambahkan, dalam waktu dekat ini akan ada kunjungan dari Kepala BPS RI ke daerah.

"Sehingga bisa melihat secara langsung penggabungan antara Desa Manis dan Desa Cantik, bahwa program BPS akan dijalankan bersamaan dengan program Pekab Banjar,” pungkasnya.