Klarifikasi Kadinsos Padangsidimpuan Terkait Kabar Adanya Anak "Nyasar"

Padang Sidempuan - Terkait pemberitaan di salah satu media online yang memuat tentang adanya anak asal Padang Sidempuan yang “nyasar” ke Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kepala Dinas Sosial Padang Sidempuan Zufri Nasution menegaskan bahwa anak tersebut berasal dari Medan dan bukan berdomisili di Kota Padang Sidempuan.

Ia menjelaskan bahwa anak tersebut pernah tinggal di Panti Pinang Sori bersama ibunya yang merupakan ODGJ (orang dalam gangguan jiwa). Ia menceritakan bahwa ibu dan anak ini sering melarikan diri dari panti.

“Sesuai dengan informasi yang kita peroleh, Ibu dan anak ini sudah sering melarikan diri, dan yang terakhir ditemukan masyarakat di Muara Batangtoru, anaknya saja, apakah ditinggal, kehilangan atau nyasar kita tidak tahu,” ucap Zufri di Padang Sidempuan, Jumat (11/3).

“Karena sesuai dengan SOP kita (Dinas Sosial) jika anak atau orangtua terlantar maka akan segera melakukan reunitifikasi ke kampung halamannya, akan tetapi karena ibunya ini ODGJ yang terindikasi berasal dari panti kita kembalikan dulu ke Pemprov Sumut baru nanti pemda yang akan menyelesaikannya, apakah akan dipulangkan kerumah atau dikembalikan ke panti," pungkasnya.