Susun RKPD 2023, Bapelitbangda Padang Sidempuan Gelar Forum OPD

Padang Sidempuan - Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Padang Sidempuan menyelengarakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggran 2023, di aula Kantor Bapelitbang, Senin (14/3).

Kegiatan rutin tahunan ini dibuka Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, dan dihadiri Wakil Wali Kota  Arwin Siregar, Wakil Ketua DPRD Erwin Nasution, Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe, serta pimpinan OPD, kabag, kabid dan camat di lingkungan Pemkot setempat.

Dalam sambutannya, Irsan mengharapkan agar seluruh perangkat daerah nantinya dapat menyesuaikan dan melaksanakan proses pemetaan atau pemuktahiran kembali terhadap program, kegiatan, serta sub kegiatan dengan mendasarkan Kepmendagri, yang dituangkan dalam kertas kerja.

"Hal ini dilaksanakan mengingat RPJMD Kota Padang Sidempuan 2018-2023 ada perubahan, sehingga perlu adanya penyesuaian-penyesuaian terhadap klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur program, kegiatan dan sub kegiatan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Selain itu, kata Irsan, dengan adanya pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi terhadap capaian target indikator RPJMD atau indikator kerja utama (IKU), tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2018-2023 maupun Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah.

"Oleh karena itu, saya yakin seluruh OPD dan masyarakat tentu memahami kenapa target indikator RPJMD belum maksimal, bukan kita tidak menekankan, melainkan karena kondisi COVID-19. Jadi perlu kita pahami bersama," ucap Irsan.

Disebutkannya, proses perencanaan 2023 ini merupakan tahun terakhirnya masa periode RPJMD Kota Padang Sidempuan 2018-2023. Untuk itu, ia meminta agar penyusunan RKPD 2023 tetap meningkatkan prioritas yang betul-betul berdampak ke masyarakat

"Meski dengan keterbatasan APBD dan dihadapkan situasi COVID-19, Pemkot betul-betul mengoptimalkan anggaran untuk pengendalian pandemi dan pemulihan ekonomi," tandasnya.