Diskominfo HSS Belajar Lapor ke DKISP Kabupaten Banjar

Martapura - Dinas Kominfo Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar untuk belajar terkait layanan pengaduan yang dikelola seperti Call Center 112 dan Lapor Manis di Aula Cakrawala, Selasa (15/3).

Kunjungan Diskominfo HSS tersebut disambut hangat oleh Sekretaris DKISP Kabupaten Banjar Faisal.

”Misal ada laporan kebakaran, maka operatornya akan meneruskan kepada petugas pemadam kebakaran untuk segera diatasi. Pengaduan Lapor Manis, misal ada laporan mengenai air ledeng mati maka akan diteruskan kepada petugasnya,” jelas Faisal.

 

Sementara itu, Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo HSS Bardiana Hernani mengungkapkan tujuan kunjungan ini adalah untuk belajar terkait pengaduan SP4N Lapor.

"Kami ingin belajar karena Kabupaten Banjar sudah melaksanakan SP4N Lapor dari tahun 2017," ungkap Bardiana.

Dikatakannya, dari ilmu yang didapat ini akan diterapkan pada Dinas Kominfo HSS.

"Alhamdulillaah banyak mendapat informasi dan ilmu yang mudah-mudahan nantinya akan kami laksanakan di Kabupaten HSS,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik HM Hamdani mengatakan, DKISP Banjar berbagi pengalaman terkait pengelolaan SP4N Lapor Manis di Kabupaten Banjar.

"Kita berbagi pengalaman terkait kegiatan-kegiatan dalam pengelolaan Lapor Manis, bagaimana kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sekolah dan pesantren,” ujar Hamdani.

Ditambahkannya, bekerja sesuai undang-undang dan membuka ruang untuk masyarakat, membuka tempat pengaduan masyarakat agar mudah dalam menyampaikan keluhan yang masyarakat hadapi.

Hamdani mengungkapkan program yang dijalankan akan dilakukan evaluasi terhadap masyarakat, apakah masyarakat sudah paham tentang keberadaan Lapor dan paham bagaimana cara menyampaikan aduannya. Dari evaluasi tersebut maka tahun depan kita bisa membuat program apa saja yang akan dilakukan,” tutupnya.