Pemkab Muara Enim Kolaborasi dengan KPP Prabumulih dan UPI Tingkatkan Potensi Pajak

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Prabumulih dan akademisi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung berkolaborasi melalukan kajian untuk peningkatan potensi pajak dari pusat di Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan tersebut dipimpin Asisten III Pemkab Muara Enim Maryana mewakili bupati, didampingi Kepala Badan Penelitian Pengembangan Inovasi Daerah (Balitbangda) Tarmizi Ismail, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Feri Sonovel, di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Selasa (15/3), serta dihadiri Kepala KPP Pratama Prabumulih Budi Setiawan, jajaran perangkat daerah dan akademisi secara virtual.

Tarmizi mengatakan, melalui kajian dari Akademisi yang mendapatkan dukungan dari KPP Pratama Prabumulih menjadi rekomendasi Balitbangda Muara Enim guna diajukan nantinya ke lembaga vertikal sesuai dengan apa yang direkomendasikan.

"Diantaranya, perlunya keamanan data, Pengembangan layanan web kas, persyaratan data yang menjadi kewajiban hukum, reward, dan lembaga transparansi," ujarnya.

"Diharapkan dengan rekomendasi ini, bagaimana mendorong Pemkab Muara Enim dapat mendukung pemerintah pusat melalui wajib pajak sehingga dengan adanya kewajiban pajak bisa berimbas ke daerah melalui dana bagi hasil," terangnya.

Sementara itu, Budi Setiawan mengatakan, memang pasnya kajian dari UPI Bandung bisa dinamakan dengan Rekomendasi Balitbangda Muara Enim.

"Nantinya usulan ke pemerintah pusat apapun keluarannya nanti, bisa disampaikan dengan jalan diskusi," tandasnya.