Wapres Kunjungi Creative Hub Labuan Bajo

Labuan Bajo – Wakil Presiden Ma'aruf Amin mengunjungi Creative Hub (CH) Labuan Bajo Puncak Waringin kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (14/3).

Wapres saat mengunjungi CH didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Kapolda NTT Setyo Budiyanto, Bupati Manggrai Barat Edistasius Endi, dan rombongan lainnya.

Di Creative Hub, wapres dan rombongan meninjau stand-stand UMKM dan sembari berbincang- bincang dengan para pelaku UMKM lokal Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat yang sedang memamerkan produknya masing-masing di tempat tersebut

Direktur Perumda Bidadari Sutanto Werry, saat mendampingi wapres mengenalkan para pelaku UMKM dan menjelaskan spot-spot bangunan yang ada di tempat tersebut serta konsep kegunaan dari masing-masing spot tersebut.

Saat meninjau Creative Hub, Wapres Ma'ruf sangat antusias dan mendukung program kerja Perumda Bidadari dalam mensejahterakan para pelaku UMKM lokal dan membantu memasarkan baik secara offline maupun secara online.

“Masalah pemberdayaan UMKM dan tentu saja terkait produk dalam negeri supaya UMKM kita bisa lebih baik apalagi setelah pandemi mengalami hambatan yang berat dan kita dorong supaya bangkit,” kata Wakil Presiden seperti disebutkan dalam siaran pers Perumda Bidadari, Rabu (16/3).

Seperti yang sudah diketahui bahwa Perumda Bidadari telah menerbitkan E-Catalogue yang berisi produk-produk UMKM lokal dan telah memiliki toko online (official store) dengan nama MBARU DAMI di platform Blibli.com.

Wapres juga menyampaikan bahwa pemerintah melakukan upaya-upaya pemasaran dan digitalisasi agar produk NTT tidak hanya diminati oleh masyarakat dalam negeri tapi juga bisa sampai ke luar negeri.

“Apalagi Labuan Bajo punya tempat strategis sebagai tempat wisata sebagai destinasi pariwisata nasional dan tempat pertemuan- pertemuan internasional dan nanti G20 juga akan ada di sini. Selain juga menyediakan tempat, atraksi dan bisa menjadi promosi berbagai produk yang menarik di NTT,” ungkap wapres.

Wapres berharap kehadiran Puncak Waringin Creative Hub dapat membawa keadilan, baik di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif dan diharapkan dapat membantu mengoptimalkan potensi pariwisata yang autentik, serta dapat memperkenalkan kekayaan alam dan budaya lokal.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta rombongan yang telah menyempatkan diri untuk berkunjung di Puncak Waringin Creative Hub.

"Semoga dengan adanya dukungan dari beliau, pelaku UMKM lokal semakin bersemangat dan selalu kreatif dalam memasarkan produknya," tandas bupati Mabar.