Pemkab Tojo Una-Una Perkuat Peran Bunda PAUD

Tojo Una-Una - Wakil Bupati Tojo Una-Una Bapak Ilham Lawidu menghadiri sekaligus membuka kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan, dan Desa, serta dirangkaikan dengan pengukuhan kelompok kerja Bunda PAUD Kabupaten dan pengukuhan Bunda PAUD kecamatan se-Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga di Hotel Ananda, Jumat (18/3).

“Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan selamat dan sukses kepada pokja Bunda PAUD dan kecamatan se-Kabupaten Tojo Una-Una yang baru saja dikukuhkan. Kita sadari bersama bahwa keberadaan PAUD sangat penting dan strategis dalam membina tumbuh kembang anak secara optimal," ujar wabup.

Ia menjelaskan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukan pada anak sejak lahir sampai dengan anak usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

"Pada hari ini kita semua hadir dan berada di tempat ini tentunya mempunyai kehendak yang sama serta mempunyai kepedulian yang besar terhadap pendidikan anak usia dini yakni sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak agar pada saatnya nanti mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut," tegas wabup.

Ia menjelaskan, pada usia dini otak anak berkembang dengan sangat cepat tidak hanya yang baik-baik saja akan tetapi juga hal-hal yang kurang baik juga dapat diserap oleh anak-anak usia dini.

"Tugas kita yang paling utama adalah memastikan bahwa anak-anak kita sudah terlayani oleh lembaga PAUD di wilayah kita masing-masing," ujarnya.

Wabup menjelaskan, Pokja Bunda PAUD juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan setiap anak yang lahir memiliki identitas berupa akta kelahiran agar mereka dapat menjadi warga negara Indonesia yang terlindungi haknya sejak dini. selain itu, Pokja Bunda PAUD bersama Bunda PAUD juga harus mendorong agar para orangtua ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan bina keluarga balita.

Di akhir sambutannya, Wabup mengajak semua komponen masyarakat agar bersama-sama seiring sejalan serta saling bergandengan tangan dalam menyiapkan generasi emas Kabupaten Tojo Una-Una untuk masa depan yang lebih sejahtera.