BPBD-RAPI Banjar Perkuat Kualitas Info Kebencanaan

Martapura - Komitmen terhadap penyebaran Info kebencanaan yang valid perlu dikedepankan. BPBD Kabupaten Banjar bekerja sama dengan RAPI Wilayah 02 Kabupaten Banjar dan pihak terkait untuk tetap menjaga kualitas info kebencanaan tersebut.

Sekretaris BPBD Banjar Sufrianto, saat ditemui usai Kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan Tim Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana (TRC-IKB) RAPI Wilayah 02 Kabupaten Banjar di kantornya, Sabtu (19/3) mengatakan, Kabupaten Banjar banyak memiliki potensi bencana seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor dan kekeringan. Terbentuknya tim TRC IKB RAPI dinilainya nilai sangat membantu dalam kebencanaan.

“BPBD sendiri tenaga penanggulangan bencana cukup terbatas pada jumlah. Pembentukan tim ini bisa membantu dari mulai komunikasi kebencanaan ke masyarakat. Apalagi jika ada informasi 'hoaks' mengenai info bencana,” ujarnya.

Sufrianto menambahkanm di masa mendatang informasi valid akan memudahkan pencegahan maupun penanggulangan bencana.

"Sarana dan prasarana pun didukung oleh BPBD Kabupaten Banjar. Terkait soal pelatihan kedepan akan ditindaklanjuti oleh pihaknya. Selanjutnya akan kami tindak lanjuti tentang permintaan pelatihan bagi TRC-IKB,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 02 Kabupaten Banjar Badarudin mengapresiasi kegiatan pelantikan dan pengukuhan yang berjalan dengan sukses.

Badarudin berharap, TRC-IKB yang dilantik bisa membantu masyarakat sebagai perpanjangan tangan dari Pemkab Banjar dalam hal memberikan informasi awal adanya bencana alam, terutama di wilayah yang tidak terjangkau signal telepon seluler sehingga Radio diperlukan untuk komunikasi.