Bupati Pangkep Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Masyarakat Kepulauan

Pangkep – Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Muhammad Yusran Lalogau (MYL) membagikan ratusan sertifikat tanah secara gratis untuk masyarakat Kepulauan, Kecamatan Liukang Tupabiring.

Diketahui, bupati Pangkep menyerahkan sertifikat sebanyak 300 bidang tanah untuk warga wilayah kecamatan Liukang Tupabiring, di antaranya Desa Mattiro Labangeng, Mattiro Bintang dan Mattiro Deceng, dengan disaksikan langsung kepala BPN Pangkep di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Senin (21/3).

Pada kesempatan ini, Bupati MYL mengatakan, program ini difokuskan untuk masyarakat kepulauan, kecamatan Liukang Tupabiring dan  Tupabiring Utara.

“Program ini memang difokuskan untuk wilayah kepulauan, khususnya Liukang Tupabiring dan Tupabiring Utara dengan pertimbangan masih banyak warga di wilayah kepulauan yang belum memilki sertifikat tanah, warga tidak perlu khawatir kehilangan tanah, sebab sudah memiliki alas hak yang sah di mata hukum,” ujar MYL.

Lanjut dikatakannya, program PTSL adalah program rutin yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN), atas program ini, bupati menyampikan terima kasih kepada BPN karena program ini dinilai sangat membantu masyarakat Pangkep.

“Memang, kemarin saya diskusi dengan BPN agar porsi untuk wilayah kepulauan. Tahun ini, insyaallah ada 500 sertifikat yang akan kita bagikan,” katanya.

“Program PTSL tidak dibebankan biaya (gratis) sejak penyuluhan hingga penerbitan sertifikat,

akan tetapi masyarakat punya kewajiban menyiapkan alas hak kepemilikan tanah dan tanda batas, antara lain patok batas, materai, surat-surat dan KTP,” pungkasnya.