Capaian Akseptor KB MOP Tinggi, Bupati Tabalong Terima Penghargaan BKKBN

Tanjung - Berbagai terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam meningkatkan Akseptor KB MOP (Metode Operasi Pria) mendapat penilaian positif dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Pusat.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menerima Penghargaan Atas kontribusi dalam peningkatan kesertaan KB pada Kegiatan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi, pada Senin (21/3).

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Inspektur Utama BKKBN Pusat, Ari Dwikora Tono ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah terhadap upaya mensukseskan program Keluarga Berencana.

"Semoga penerima penghargaan dapat terus konsisten menjalankan program KB dimasyarakat," ujar Ari Dwikora Tono.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong Rusmadi menjelaskan bahwa capaian Akseptor KB MOP di Kabupaten Tabalong cukup tinggi karena Akseptor KB MOP mendapat perhatian uang sebesar Rp1 juta.

"Sebagai motivasi sekaligus uang pengganti karena Akseptor KB MOP harus istirahat total setelah pemasangan", jelas Rusmadi.

Lebih lanjut Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong menjelaskan bahwa secara umum penggunaan alat KB jangka panjang di Kabupaten Tabalong cukup digemari masyarakat seperti IuD, Susuk, MOP, MOW atau Implan jenis satu batang mulai digemari masyarakat.

Tidak lupa, ujarnya, Pemerintah Kabupaten Tabalong juga memberikan motivasi bagi penyuluh KB untuk bisa meningkatkan kinerja nya melalui insentif dan fasilitas penunjang lainnya.