Diskominfo Tabalong Siap Dukung Desa Digital

Tabalong - Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam waktu dekat menargetkan 50 desa menjadi desa digital. Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Tabalong melakukan pemasangan jaringan internet di tiga desa, yaitu Desa Wirang Kecamatan Haruai, Desa Muara Uya Kecamatan Muara Uya, dan di wilayah kantor Kecamatan Bintang Ara.

Kepala Diskominfo Tabalong Arianto, Rabu (23/3), menuturkan untuk mewujudkan desa digital, Diskominfo siap mendukung ketersediaan akses jaringan internet dengan menyediakan teknisi pemasangan internet dan bantuan bandwidth. Namun desa diminta membangun tower trayenggel (triangle) untuk menangkap jaringan yang disediakan.

“Kemudian untuk desa-desa bagi yang ingin minta fasilitas tadi ya modband dari diskominfo akan kami sediakan tapi syaratnya desa harus membangun tower triangle yang sederhana ya mungkin berdana sekitar Rp30-50 juta nah ini silakan menggunakan APBD desa untuk penyediaan itu, nanti kita bantuan teknis dan bantuan bandwidth untuk kaitannya dengan internet ini,” ujarnya.

Arianto menambahkan, jaringan yang disediakan untuk seluruh daerah di tabalong untuk mewujudkan smart village nusantara desa digital. Dirinya juga berharap nantinya konektivitas desa, kecamatan, Kabupaten hingga nasional dapat terhubung.