Pemkab Tabalong Targetkan Tambah 50 Desa Digital

Tanjung - Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, tengah gencar mendorong pemerintah desa menerapkan desa digital. Dalam waktu dekat, Pemkab Tabalong  menargetkan 50 desa digital. Salah satu desa di Tabalong yang saat ini menerapkan desa digital saat ini, yakni Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMPD Tabalong Pahrudin menjelaskan, untuk mewujudkan 50 desa digital, pihaknya telah memberikan workshop dan sosialisasi kepada kepala desa.

Lebih jauh ia menjelaskan, desa digital harus mampu menjalankan tiga unsur pemerintahan desa secara digital dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Itu kita menerima informasi terkait dengan operasional atau implementasi dari digitalisasi itu seperti apa jadi salah satu upaya pertama tadi kita mencari informasi, kita ingin melihat seperti apa desa yang telah melaksanakan digitalisasi di desanya, nah kita tahu desa itu ruhnya ada tiga. Pertama government dalam hal ini penyelenggaraan pemerintahan desa, kedua sosial di masyarakat, dan ketiga ekonomi," ujar Kabid Pemerintahan Desa DPMD Tabalong Pahrudin.

Pahrudin menambahkan, upaya menuju desa digital selaras dengan dua program kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, yakni penerapan desa digital dan optimalisasi badan usaha milik desa atau BUMDes.