Bupati Pulang Pisau Terima Hibah PJUTS dari Kementerian ESDM

Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Pudjirustaty Narang menghadiri acara serah terima dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan Naskah Hibah Barang Miliki Negara (BMN) berupa bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Hotel Royal Ambarrukmo, D.I Yogyakarta, Rabu (23/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Jendral Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, dan beberapa gubernur dan bupati/wali kota se-Indonesia.

Bupati Pudjirustaty Narang mengungkapkan bahwa penerangan jalan umum memiliki peranan yang amat penting, karena bantuan hibah tersebut sangat membantu Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam penyaluran penerangan khususnya untuk jalan desa yang belum terjangkau aliran arus listrik atau desa terpencil.

Pudjirustaty Narang mengucapkan terima kasih kepada Kementerian ESDM atas bantuan yang diterima Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau berupa 200 unit PJUTS pada tahun 2019 yang sudah diserahterimakan pada tahun 2020 di Bali.

"Selanjutnya, tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menerima sebanyak 100 unit juga sudah diserahterimakan pada hari ini di Yogyakarta dan Tahun 2021 kita pemerintah Kabupaten Pulang Pisau juga mendapatkan sebanyak 50 Unit PJU, nantinya juga akan diserahterimakan, untuk informasinya pihak Kementerian ESDM yang tau persisnya," ujar Pudjirustaty Narang

"Kami berharap kedepannya Kabupaten Pulang Pisau bisa mendapatkan prioritas kembali untuk bantuan ini termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS Terpusat), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS Atap), Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), Bantuan Bahan Bakar Gas (BBG) untuk nelayan di pesisir, sehingga pemerintah daerah akan sangat terbantu dan bisa bermanfaat untuk masyarakat daerah setempat," lanjutnya.

"Adapun untuk mendukung keberlangsungan aset dari Kementerian ESDM, kami sudah memiliki Tim PJU dengan yang juga sudah dilengkapi dengan Alat SKY LIFT yang dioperasionalkan oleh bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau yang secara rutin melakukan pemeliharaan terhadap aset yang sudah diserah terimakan kepada kam," sambung Pudjirustaty.

"Selain PJUTS, Tim PJU Kabupaten Pulang Pisau juga ikut memelihara PLTS yang ada di Kabupaten Pulang Pisau," ungkap Pudjirustaty Narang.