Polres Banjar Sigap Bantu Warga Korban Banjir

Martapura - Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan hampir dua pekan ini dilanda Banjir. Kecamatan yang saat ini dilanda banjir akibat luapan Sungai Martapura, yakni daerah Kecamatan Pengaron, Simpang Empat, Mataraman, Astambul, Martapura Timur, Martapura, Martapura Barat dan Gambut.

Terkait bencana tersebut, Polres Banjar dengan sigap melakukan kegiatan Operasi SAR Kemanusiaan Sat Samapta Polres Banjar bersama Brimob Polda Kalsel di Desa Jati Baru Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, Jumat (25/3).

Kasat Samapta Polres Banjar AKP Embang Pramono mengatakan bahwa kondisi banjir di Desa Jati Baru dengan jumlah keseluruhan 150 rumah, 180 KK yang mana ketinggian banjir berkisar 5-20 cm.

“Ketinggian air hingga memasuki pelataran rumah warga, sedangkan di jalan yang berbatasan langsung dengan bantaran sungai debit air cukup tinggi sekitar 50-70 cm yang mengakibatkan warga kesulitan melintas di daerah tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, dijelaskannya, Polres Banjar juga melaksanakan evakuasi warga akan melewati Desa Astambul kota menuju Desa Jati Baru atau sebaliknya serta penyerahan rakit terbuat dari ban dan kayu yang berfungsi untuk transportasi dari Tim SAR Polres Banjar dan Brimobda Kalsel kepada Warga Desa Jadi Baru.

Adapun personel gabungan terdiri dari 7 orang dari Satuan Brimob Polda kalsel yang dipimpin oleh Komandan Kompi B Pelopor AKP Bambang dan 8 personel Satuan Samapta yang dipimpin langsung oleh Kasat Samapta AKP Embang Pramono.