DPRKPLH Kabupaten Banjar Gelar Program Sungai Martapura ASRI

Martapura - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar kembali melaksanakan kegiatan bersih-bersih Program Sungai Martapura Aman, berSih, Rapi dan Indah (ASRI), yang dilaksanakan dua kali dalam satu bulan.

Kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan di enam desa sebagai pilot project Sungai Martapura ASRI yakni Desa Gudang Hirang, Desa Sungai Pinang Lama, Desa Sungai Pinang Baru, Desa Sungai Rangas Tengah, Desa Sungai Rangas Ulu dan Desa Murung Kenanga, Jumat (25/3).

Kegiatan Jum'at bersih ini melibatkan dinas PRKPLH Banjar, Dinas LH  provinsi Kalsel dan  masyarakat desa beserta empat pilar program sungai martapura asri dari masing-masing desa, yaitu: pembakal, duta lingkungan, bhabinsa dan bhabinkamtibmas.

Kadis PRKPLH Mursal mengatakan, di samping bertujuan untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di masing-masing desa, juga untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Dengan demikian maka sungai Martapura akan menjadi bersih terutama dari sampah sehingga sungai Martapura dapat memberikan manfaat untuk kehidupan masyarakat, sebagai sumber air bersih, sarana transportasi dan juga sebagai objek wisata," ujar Mursal.

Ditambahkan Mursal, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang MANIS, Maju Mandiri dan Agamis.