Perbaiki Iklim, Bupati Banjar Canangkan Penanaman Pohon

Martapura - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar melaksanakan penanaman pohon dalam kegiatan program "Menanam Bersama Manis" yang telah dicanangkan oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) SDN Indrasari, Jumat (25/3).

Kepala Dinas PRKPLH Banjar Mursal mengatakan, dasar pelaksana penanaman yaitu untuk meningkatkan Nilai Indeks Kualitas Lahan melalui Penanaman Pohon dan Perluasan Area Penanaman.

"Penanaman pohon juga dilakukan dalam rangka peningkatan tutupan lahan, dengan meningkatnya tutupan lahan akan memperbaiki kondisi iklim setempat (iklim mikro). Penanaman pohon merupakan salah satu upaya  mitigasi dalam  perubahan iklim,”ungkapnya.

Mursal juga menjelaskan, pohon yang sudah ditanam di RTH SDN Indrasari adalah 250 bibit Jambu mente serta tambahan sebanyak 40 pohon, seperti Mahoni 20 Pohon, Cempedak 20 Pohon.

Tidak jauh dari RTH SDN Indrasari, di tempat yang terpisah juga dilakukan penanaman dan pemeliharaan Hutan Kota Indrasari oleh Kepala KPH Kayu Tangi Budi Lanang bersama anggotanya di samping Taman Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar.