Kapuas Kuala Ditargetkan Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Kuala Kapuas - Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi Usaha Mikro Kecil Kabupaten Kapuas menargetkan Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan di Kecamatan Kapuas Kuala pada tahun 2021.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Kapuas Batu Panahan saat ditemui Selasa (23/6). Batu mengatakan, pengembangan ekonomi kerakyatan merupakan strategi pembangunan yang menempatkan sektor ekonomi rakyat sebagai sasaran utama pembangunan.

“Sentra Industri wajib dicanangkan di Kecamatan Kapuas Kuala, karena wilayah kecamatan ini memiliki potensi sumber daya kelautan yang berlimpah,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, yang terpenting adalah masyarakat sudah siap menghadapi pasar bebas ekonomi asia, untuk itu perlu dukungan dari pemerintah kecamatan dan desa melalui BUMDes untuk mempromosikan hasil produksi lokal.

Batu berharap kesiapan produk olahan warga terakomodir untuk melalui pangsa pasar yang disiapkan baik melalui pasar tradisional atau pun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan nantinya dipromosikan di jual beli online dan diakomodir oleh bidang perdagangan.

“Ke depan untuk pemasaran hasil olahannya akan dibantu melalui jual beli online sehingga pengembangan sentra industri hilir bisa berkembang disana. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan disana,” ungkapnya.

Kemudian, lebih lanjut, dia mengatakan untuk memaksimalkan program itu harus disiapkan infrastruktur jalan dan jembatan serta pasar. Yang paling utama perlu disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Apabila Sentra, ia mengatakan pihaknya akan melatih keterampilan warga disana sesuai dengan keahlian mereka.

Ia menuturkan, jika SDM sudah dipersiapkan, kemudian peralatan industri untuk pengolahan keripik undang, maupun ikan asin untuk membantu pengolahan produk olah masyarakat melalui tangan terampil yang sudah dipersiapkan.

“Paling tidak masyarakat sebagai pelaku usaha mampu mengolah hasil perikanan tersebut sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” pungkasnya.