Kepala DKISP Banjar Harap KIM Jadi Garda Terdepan Tangkal 'Hoaks'

Martapura - Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar M. Aidil Basith membuka kegiatan Training of Trainers (ToT) Literasi Digital bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) daerah setempat, di salah satu hotel di Banjarbaru, Selasa (29/3).

Kegiatan TOT ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi berkolaborasi dengan pemerintah daerah yang dilaksanakan selama dua hari dari 29-30 Maret 2022.

Kepala DKISP Banjar M. Aidil Basith mengatakan, semakin tinggi pemahaman literasi digital, semakin bijak masyarakat dalam mengakses dan menyaring konten negatif seperti halnya berita bohong atau 'hoaks'.

"Disinilah peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang nantinya akan menciptakan pola pikir yang kreatif, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh berita hoax di media sosial," ujarnya/

Dijelaskannya, KIM merupakan lembaga komunikasi yang dibentuk oleh masyarakat secara mandiri dan kreatif guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan informasi.

"Saat ini Pemkab Banjar melalui DKISP Banjar telah membina sebanyak 15 KIM dan diharapkan jumlah ini terus ditingkatkan agar peran kelompok tersebut bisa memberikan informasi dan promosi potensi-potensi yang ada di daerah masing masing," ucap Basith.

Dirinya berharap melalui pelatihan ini KIM bisa menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi yang menarik, beragam dan kreatif.

Kegiatan dimoderatori oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik DKISP Banjar M.Hamdani, menghadirkan dua narasumber seperti Lurah Sekumpul Gusti Marhusin dan Tim Penyusun Kurikulum Literasi Digital GNLD Siberkreasi Fikri Andhika serta diikuti 20 peserta dari perwakilan tiap daerah.