Bupati Barru Terima Kunjungan Dua Jenderal Dalam Sepekan

Barru - Bupati Barru Suardi Saleh menerima kunjungan dua jenderal bintang dua dalam sepekan. Kali ini, Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV Hasanuddin Amelia Arisanti Andi Muhammad berkesempatan mengunjungi Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (29/3).

Kunjungan orang nomor satu TNI Sulsel ini terhitung hanya sepekan setelah Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana juga hadir meresmikan gedung baru Polres Barru.

Disambut dengan tari Padduppa dan pengalungan kain sarung sutra, sebagai simbol selamat datang oleh tuan rumah dan rasa bahagia menyambut rombongan Pangdam XIV Hasanuddin.

"Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas kunjungan Pangdam XIV/Hasanuddin di Kabupaten Barru, hal ini merupakan kehormatan bagi kami. Semoga membawa berkah dan manfaat terutama dalam meningkatkan sinergi dalam pembangunan dan ketertiban," ungkap bupati.

Bupati Suardi Saleh kemudian memaparkan selayang pandang Barru dan informasi lainnya termasuk keunggulan daerah seperti Mal Pelayanan Publik yang saat ini dilegitimasi oleh Kementerian PAN dan RB sebagai terbaik A dengan Pelayanan Prima dengan indeks kepuasan Masyarakat melampaui 87 persen.

"Luas wilayah Kabupaten Barru tidak sebanding dengan daerah lain, namun demikian Barru menjadi perhatian dari daerah lain. Dan Alhamdulillah, Barru dalam menghadapi pandemi selalu terdepan, karena kami didukung oleh kekuatan dan kolaborasi dari semua unsur Forkopimda yang begitu hebat," sebut bupati Barru, sambil menambahkan bahwa kolaborasi sinergis semua pihak sehingga saat ini capaian vaksinasi yang sudah di angka 85 persen lebih.

Dirinya juga menyampaikan nilai sejarah daerah yang berkaitan dengan TNI yaitu Konferensi Pacekke, dimana tempat lahirnya kesepakatan untuk membentuk divisi yang dikenal dengan Divisi Hasanuddin, yang sampai sekarang kita kenal dengan Kodam XIV Hasanuddin sebagai bagian dari hasil konferensi tersebut.

Sementara itu, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas apresiasi Pemda atas kedatangannya di Bumi Hibridah.

"Terima kasih atas sambutannya yang luar biasa, dimana saya disambut dengan begitu hangat oleh anggota Forkopimda dan para kepala OPD. Silaturahmi tidak akan saya lupakan dan akan selalu diingat bahwa saya pernah disini, apalagi saya masih memiliki keluarga besar di Barru, juga Kabupaten ini memiliki sejarah yang sangat erat kaitannya dengan TNI," ujar cucu dari Andi Mappanyukki, Raja Bone ke-32.

Dirinya menyebut kunjungan silaturahmi sebagai bentuk menguatkan kerjasama dan mendekatkan diri kepada masyarakat.

"Kunjungan saya untuk bersilaturahmi, karena jati diri tentara adalah dari rakyat, kami berjuang dan menjadi prajurit yang tugas pokoknya untuk menjaga keutuhan, kedaulatan dan keselamatan bangsa baik dalam bentuk TMMD (tentara Manunggal Masuk Desa) maupun dalam bentuk memberikan pertolongan pada saat terjadi bencana alam," ungkapnya.

Dirinya memuji sukses vaksinasi COVID-19 di Barru yang merupakan kolaborasi semua stakeholder di Forkopimda.

"Terkait masalah vaksin, saya melihat data di Barru sangat luar biasa karena cakupan vaksin telah melampaui target nasional, dan saya bangga," tambahnya.

Ia juga meminta doa restu agar selama menjabat, dirinya bersama jajaran TNI dapat terus meningkatkan sinergitas.

"Mari kita berjuang bersama untuk mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.