Pemkab Natuna Segera Lanjutkan Tahapan Persiapan Pilkada 2020

Natuna - Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti memimpin Rapat Konsultasi Anggaran Pengadaan APD Dalam Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Bupati dan Wakil Bupati Natuna, di ruang kerjanya, Selasa (23/6).

Turut hadir sekretaris KPU Kabupaten Natuna beserta anggota, kepala Bakesbangpol, kepala BKPSDM, perwakilan dari BPKPAD.

Dalam sambutannya, Ngesti menyampaikan bahwa Pemkab Natuna segera melanjutkan berbagai persiapan Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

"Walaupun terdapat perubahan yang bersifat upaya pencegahan COVID-19, pelaksanaannya disesuaikan dengan standar protokol kesehatan," ujarnya.

Ngesti optimistis Kabupaten Natuma mampu menyelenggarakan pesta demokrasi ini dengan baik.

Ngesti menjelaskan, untuk saat ini, pengajuan rasionalisasi anggaran sudah disepakati gubernur Kepri. Selanjutnya pengajuan anggaran tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan, terutama terkait penambahan berbagai fasilitas pendukung kesehatan dan alat pelindung diri (APD), terutama bagi para petugas di lapangan.

Selain itu, Ngesti juga mendukung adanya permintaan tenaga tambahan dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk diperbantukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik pada tahap persiapan maupun pelaksanaan pilkada.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Natuna Junaidi Abdillah menyampaikan bahwa untuk mengejar target agar pelaksanaannya tepat waktu, pihaknya membutuhkan penambahan tenaga pendukung, baik sebagai petugas administrasi, lapangan maupun pejabat pengadaan barang dan jasa.

"Hal ini penting dilakukan mengingat saat ini, sumber daya aparatur yang bertugas di KPU sangat terbatas, sehingga dirasa mustahil persiapan maupun pelaksanaan dapat dilakukan tepat waktu," ujarnya.