Pemkab Kapuas Usulkan Pembangunan Laboratorium Rapid Test dan Swab Mandiri

Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengusulkan pembangunan laboratorium pemeriksaan medis rapid test dan swab mandiri di RSUD RSUD dr. H. Soemarno Sostroatmodjo Kapuas.

Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sostroatmodjo Kapuas dr. Agus Waluyo, Rabu (24/6), mengatakan usulan tersebut akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk diteruskan ke Kementerian Kesehatan.

"Kita berharap usulan ini dapat disetujui dan segera direalisasikan, mengingat keberadaan fasilitas ini sangat penting peruntukanya guna percepatan penanggulangan wabah COVID-19," kata Agus.

Dijelaskannya, sarana dan prasarana tersebut diperlukan untuk memudahkan sekaligus agar dapat mengetahui dengan cepat Test Cepat Monokoler (TCM) terkait status pasien yang saat ini sedang menjalani penanganan medis baik di RSUD Kapuas maupun yang sedang menjalani Karantina di Komplek NSD.

"Terutama bagi mereka yang sudah menjalani pemeriksaan lanjutan berdasarkan rapid test dan swab apakah hasilnya positif terkonfirmasi atau negatif COVID-19," ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini pemeriksaan masih tergantung dengan RSUD Doris Sylvanus dan juga salah satu laboratorium di Banjarbaru.