Pemkab Pasuruan Bina Pokmawas Lestarikan Ekosistem Biota Laut

Pasuruan - Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perikanan intens melakukan pembinaan yang ditujukan kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmawas).

Wakil Bupati Mujib Imron mengatakan, seluruh nelayan di wilayah pesisir di Kabupaten Pasuruan semakin teredukasi, baik dalam menjaga maupun melindungi ekosistem laut.

"Dengan demikian, kegiatan pembinaan diharapkan mampu menjadi media sosialisasi untuk menguatkan kesadaran para nelayan dalam melestarikan biota laut. Sekaligus menjaga kebersihan lingkungan laut dengan beragam cara. Minimal dengan tidak membuang sampah, terutama sampah plastik," ujarnya di Balai Desa Tambak Lekok, baru-baru ini.

Mujib juga menitipkan pesannya kepada Pokmawas agar memberikan contoh kepada nelayan untuk memanfaatkan bank sampah. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan masyarakat yang dapat menambah nilai ekonomi.

“Kami harapkan juga nelayan bisa membudidayakan laut seperti memiliki tambak yang bersih dan ikan yang sehat. Sehingga dari usaha ini bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi keluarga. Kenapa? Karena ikan yang akan dijual masih segar dan tentunya sehat. Nantinya juga bisa dijual secara online dalam bentuk makanan olahan ikan,” tandasnya.