Pemkab Banjar Tekankan Inovasi untuk Capai Visi "Manis"

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Kabupaten Banjar Tahun 2022.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar M. Hilman, saat membuka Bimtek Inovasi Kabupaten Banjar Tahun 2022, di Hotel Rodhita Banjarbaru, Selasa (5/4), mengatakan untuk mencapai visi Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis (Manis), maka dilaksanakan misi oleh semua stakeholder sesuai dengan tugas dan fungsinya.

"Agar bisa berjalan secara efektif dan efisien untuk peningkatan pelayanan publik yang lebih baik,” katanya.

Lebih lanjut Hilman menjelaskan, inovasi daerah merupakan peluang bagi pemda untuk berkreativitas dan berkarya melahirkan ide dan gagasan baru untuk mendukung peningkatan kinerjanya.

"Inovasi Daerah sesuai dengan PP Nomor 38 Tahun 2017 yang mengatur inovasi daerah baik dari prinsip, kriteria dan mekanisme inovasi daerah, sebagai suatu kebijakan daerah,” ujarnya.

Hilman berharap nantinya bisa tumbuh keberanian dan jangan takut untuk berinovasi, sesuai regulasi yang dalam pelaksanannya mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang Manis.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Banjar M. Riza Dauly menambahkan, agar lebih kreatif dan inovatif perlu perubahan mental model yaitu perubahan mainset atau cara berpikir masyarakat.

"Bekerja seperti biasanya dengan berubahnya mental model menjadi bekerja sebagaimana seharusnya,” tambahnya.

Riza Dauly menjelaskan, banyak inovasi-inovasi daerah di Kabupaten Banjar,antara lain Gebrak Jamban, Intan Bakilau, Gelang Anting Manis dan Pakulih Anam. Pada Bimtek ini didiagnosa atau draft up tentang inovasi yang diusulkan oleh masing-masing inovator, tidak hanya dari perangkat daerah di Kabupaten Banjar tapi juga dari pemerintah desa.

“Seperti di Desa Sungai Rangas Tengah, dengan membuka wisata Khatulistiwa yang cukup bagus, ada kreativitas dari desa, salah satu contoh dari inovasi pemerintahan desa,” jelas Riza.