Bupati Harap Kemenko Marves Dukung Pengembangan Natuna

Natuna - Pemerintah Kabupaten Natuna menerima kunjungan kerja Asisten Deputi Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rasman, dalam rangka membahas progres pembangunan daerah. di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Selasa (5/4).

"Secara umum Presiden Jokowi mengembangkan lima pilar sektor unggulan dalam mengembangan daerah Natuna terdiri dari pengembangan perikanan dan kelautan, minyak dan gas, pertahanan dan keamanan, pariwisata, serta lingkungan hidup," ujar Bupati Natuna Wan Siswandi.

Kemudian, Wan Siswandi mengatakan, mengenai pariwisata Natuna memiliki banyak sekali potensi yang terdapat di dalamnya.

"Di Natuna, pariwisata memiliki potensi untuk bisa kembangkan di antaranya potensi perikanan atau baharinya dimana Natuna terdapat daerah waterspot dan snorkling yang bisa memanjakan mata dengan terumbu karang yang indah. Selain itu kita memiliki potensi di ekologinya dimana kami memiliki gunung yang memiliki air terjunnya yang dilengkapi dengan flora dan fauna endemik. Selanjutnya potensi yang kami miliki yaitu warisan geologi diantaranya adalah pantai-pantai indah mempesona yang dihiasi oleh susunan batuan sedimen yang indah, pungkasnya.

Selain soal potensi, Bupati Wan Siswandi juga menyampaikan kendala dalam mengembangkan potensi pariwisata di antaranya tiket pesawat yang mahal.

"Selain potensi kami juga memiliki hambatan dalam mengembangkan beberapa pilar unggul dalam mengembangkan daerah, salah satunya yaitu masih mahalnya harga tiket pesawat untuk datang ke Natuna. Untuk itu kami mohon bantuan Kemenko Marves bisa memberikan jalan keluar untuk kami dengan harga yang murah bisa membawa turis-turis luar untuk datang ke Natuna," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Deputi Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rasman menyampaikan, kedatangannya untuk menindaklanjuti kunjungan Menko Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu.

"Saya melihat Natuna memiliki beberapa potensi, oleh karena itu untuk mengembangkan potensi ini kita harus memiliki data dalam mengembangkan beberapa potensi, karena ini berfungsi agar nanti pas kami menyampaikan ke pada menteri bahwa ini lah real data aslinya yang dimiliki," terangnya.

Di akhir sambutannya, Rasman berharap atas kerjasama kepada kepala OPD Kabupaten Natuna terkait dalam mengembangkan potensi daerah.