Damkar, Satpol PP, dan Kesbangpol OKU Paparkan Program dan Kegiatan 2022

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah memimpin Rapat Paparan Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2022 oleh Pemadam Kebakaran, Satpol PP, dan Kesbangpol Kabupaten OKU, di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Selasa (5/4).

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten OKU Aminilson menyampaikan, Damkar memiliki rencana inovasi diantaranya aplikasi Android terkait laporan kebakaran dan meningkatkan peran medsos sebagai alat edukasi/sosialisasi (Instagram, Facebook, Website, dan lain-lain)

Sementara itu dari Satpol PP Kabupaten OKU menyampaikan bahwa terdapat dua program diantaranya program penunjang urusan pemerintah daerah, dengan kegiatan diantaranya perencanaan, penganggaran, dan evaluasi kinerja perangkat daerah, dan administrasi keuangan perangkat daerah, serta penyediaan jasa penunjang urusan Pemerintahan Daerah. Program peningkatan ketentraman dan ketertiban umum, dengan kegiatan diantaranya pencegahan gangguan ketentraman dan ketertiban umum dan penegakan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota dan Peraturan Bupati/Walikota.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten OKU Taufik menyampaikan beberapa program dan kegiatan TA 2022 diantaranya, program penunjang urusan pemerintahan daerah, penguatan ideologi Pancasila dan karakter bangsa, program peningkatan peran parpol dan lembaga pendidikan melalui pendidikan politik dan pengembangan etika serta budaya politik.

Lanjutnya, program pemberdayaan dan pengawasan organisasi kemasyarakatan, program pembinanaan pengembangan ketahanan ekonomi, sosial dan budaya, serta program peningkatan kewaspadaan nasional dan peningkatan kualitas dan fasilitas penanganan konflik sosial.

Menanggapi paparan dari tiga OPD, Teddy Meilwansyah menyampaikan bahwa menyimak apa yang telah disampaikan oleh Damkar OKU yang mana kurangnya sosialisasi dan rendahnya pegawai berstandar kualifikasi/bersertifikat. Diharapkan Damkar dapat membuat suatu program yang berkaitan tentang hal tersebut dan dapat dimasukkan ke dalam program kegiatan di tahun ini.

"Apalagi saat ini kita sudah memasuki musim kemarau dan itu perlu dilakukan sosialisasi ke masyarakat sampai ke tingkat desa-desa agar masyarakat sadar dan lebih tanggap terhadap bahaya kebakaran salah satunya antisipasi karhutla," ujarnya.

Teddy juga sangat setuju dengan inovasi yang dibuat oleh Damkar Kabupaten OKU, dan pembuatan aplikasi ini dapat bekerjasama dengan Dinas Kominfo, sehingga diharapkan dapat maksimal dalam pelaksanaannya.

Selanjutnya menanggapi apa yang dipaparkan oleh Satpol PP Kabupaten OKU, Teddy menyampaikan bahwa Satpol PP dapat melihat inovasi yang ada di daerah lain. Ada salah satu aplikasi yang dibuat oleh Pol PP di daerah tersebut yang dapat mengawasi tempat-tempat umum dan itu diharapkan nantinya dapat dipelajari dan bisa diterapkan di Kabupaten OKU.