Pemkab Tojo Una-Una Petakan Program dan Situasi Stunting

Tojo Una-Una - Wakil Bupati Tojo Una-Una Ilham Lawidu membuka acara Pemetaan Program dan Analisis Situasi Stunting Tingkat Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2022, di Hotel Ananda, Kecamatan Ampana Kota, Rabu (6/4)

Wabup Ilham, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Dirinya berharap dapat tercipta komitmen dari seluruh pihak dalam menanggulangi permasalahan stunting di Tojo Una-Una.

"Pencegahan stunting menjadi prioritas nasional yang juga harus menjadi prioritas dari setiap tingkat pemerintahan dalam penyusunan rencana dan anggaran nasional maupun daerah, karena stunting disebabkan oleh faktor multidimensi sehingga penanganannya perlu dilakukan oleh multisektor," ujar wabup.

Untuk mencapai hasil yang optimal berdasarkan prinsip efisien dan efektif dalam pencegahan stunting, ujar wabup, perlu dilakukan konvergensi dalam program/kegiatan dan sumber pembiayaan pada Alokasi Dana Desa (ADD) yang telah ditetapkan.

"Pemerintah daerah bertanggung jawab dalam memastikan intervensi lintas sektor untuk pencegahan stunting dapat dilaksanakan secara efektif di tingkat provinsi, kabupaten/kota sampai dengan tingkat desa," ujarnya.

"Untuk memastikan Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting tercapai secara efektif dan efesien, sebut wabup, perlu dilakukan delapan aksi konvergensi/integrasi yang merupakan instrumen dalam bentuk kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan pelaksanaan integrasi intervensi gizi dalam pencegahan dan penurunan stunting.

Ditambahkan wabup, melalui forum ini juga dapat mendiskusikan cakupan layanan dari OPD terkait untuk mengetahui pola sebaran stunting, memetakan ketersediaan dan lokasi program/kegiatan untuk penyediaan intervensi gizi, serta mengidentifikasi kebutuhan dan rekomendasi penguatan koordinasi antarlembaga atau antar tingkatan pemerintah dalam meningkatkan integrasi layanan bagi rumah tangga 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan).

Dirinya juga mengimbau seluruh pihak terkait agar memberikan perhatian kepada masyarakat Tojo Una-Una secara umum, khususnya kepada anak-anak dan ibu hamil sebagai upaya penurunan stunting.