Percepat Vaksinasi Booster, Dinkes Tanah Datar Surati OPD

Tanah Datar - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar menyurati seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk segera melakukan vaksinasi di puskesmas yang telah ditunjuk.

"Alhamdulillah kita sudah merekap data  dan sudah ada laporan hasil vaksinasi terkait ke dinas kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita di Batusangkar, Rabu (6/4).

Ia menjelaskan vaksinasi booster itu merupakan vaksinasi lanjutan yang dilakukan minimal setelah tiga bulan menjalankan vaksinasi kedua. Untuk vaksinasi booster di Tanah Datar saat ini masih berlangsung dan terus disosialisasikan dan sudah dilakukan pencanangan di Kantor Bupati beberapa waktu lalu dan diikuti oleh kepala daerah termasuk kepala OPD.

"Kita sudah melakukan pencanangan beberapa waktu lalu di kantor Bupati. Kalau antusias masyarakat di Tanah Datar untuk vaksinasi booster belum terlalu bagus, masih kurang dari lima persen," jelasnya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat Tanah Datar baik yang ada di rantau maupun di kampung halaman untuk segera melakukan vaksinasi lengkap, karena tujuannya adalah untuk meningkatkan kekebalan komunal (herd immunity). Saat ini vaksinasi booster juga menjadi salah satu syarat bagi pemudik atau pelaku perjalanan tanpa syarat testing atau harus melakukan tes antigen atau PCR dalam rentang waktu tertentu.