Dinkes Tanah Datar - BBPOM Periksa Bahan Makanan di Pasa Pabukoan Batusangkar

Batusangkar - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang melakukan pemeriksaan terhadap bahan makanan di sejumlah lapak di Pasa Pabukoan Batusangkar, Rabu (6/4) sore. Sampel yang didapat kemudian diuji langsung di tempat menggunakan mobil laboratorium keliling.

"Kegiatan ini adalah dalam rangka melindungi masyarakat dari pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan khususnya di bulan ramadhan," kata perwakilan BPOM di Padang Lega Fatman.

Dalam pengawasan Tim BBPOM di Padang juga melakukan edukasi kepada para pedagang takjil dan makanan terkait dengan penerapan keamanan pangan yang aman serta tidak menggunakan bahan berbahaya yang disalahgunakan seperti Rhodamin B, Methanyl yellow, Boraks, Formalin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan bekerjasama dengan Dinas Koperindag, Satpol PP, Kejaksaan, Polres dalam pemeriksaan makanan di bulan Ramadhan.

Pada kegiatan tersebut tempat-tempat yang dikunjungi diantaranya ritel-ritel atau toko, kosmetik, rempah, makanan dan minuman di Pasar Pabukoan Batusangkar.