Pemkab Batang Berikan Santunan 1.500 Anak Yatim 

Batang - Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Batang Suyono menggelar buka puasa bersama dengan 150 anak yatim piatu di Rumah Dinas Bupati, Minggu (10/4). Selain berbuka puasa bersama, yatim paitu tersebut juga mendapat santunan yang diserahkan langsung Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Batang Suyono.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, santunan ini merupakan programnya sejak dilantik pada 22 Mei 2017.

"Sebelumnya program santunan anak yatim hanya sebesar Rp100 ribu. Alhamdullilah naik menjadi Rp1 juta," ujarnya.

Wihaji menjelaskan, anggaran pertama di tahun 2018, 2019 program santunan anak yatim sebanyak Rp2 milliar untuk 2.000 anak. Namun karena pandemi COVID-19, ujarnya, pada tahun 2020, 2021 dan 2022 anggaran tersebut turun menjadi Rp1,5 miliar untuk 1.500 orang.

“Santunan ini memang tidak bisa meng-cover semua anak yatim piatu di Kabupaten Batang, sehingga harus bergantian penerima santunan tersebut,” jelasnya.

Wihaji mengatakan, dalam pencairan santunan diterima saat bulan Ramadan sebesar Rp500 ribu, dan sisanya lagi sebesar Rp500 ribu, ketika kenaikan kelas atau menjelang tahun ajaran baru sekolah.

“Santunan dibagi dua, menjelang Idul Fitri diterima Rp500 ribu. Lalu menjelang tahun ajaran baru sekolah sebesar Rp500 ribu, jadi genap Rp1 juta santunannya per orang,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan, santunan ini sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Batang kepada anak yatim piatu.

“Kegiatan santunan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemkab Batang terhadap anak yatim piatu dan juga sebagai bentuk rasa syukur kehadirat Allah SWT,” terangnya.

"Alhamdulillah, hari ini memberikan santunan kepada 150 anak secara simbolis. Mudah-mudahan ini bisa menuntun kita semua pada sebuah perubahan dan mudah-mudahan program ini bisa terus berjalan dan anggaran juga bertambah," pungkasnya.