Pemkab Tabalong Transformasikan PNPM-MD Jadi BUMDes Bersama

Tanjung - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong mensosialisasikan percepatan transformasi dana bergulir masyarakat eks PNPM-MD menjadi BUMDes Bersama. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, beberapa waktu lalu.

Dalam sambutanya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan, sosialisasi percepatan tranformasi dana bergulir masyarakat eks PNPM ini sanggat penting karena konsep dari kelembagaan itu sendiri diplopori oleh pemda setempat. Dirinya juga menugaskan kepada kepala DPMPD dan Inspektorat Tabalong untuk menjadi pemateri agar program ini dapat berjalan dengan lancar,sukses serta berjalan sesuia dengan aturan yang berlaku.

Bupati Anang juga berharap kegiatan ini dapat diikuti seluruh peserta dengan seksama agar trasformasi dapat berjalan mulus, sehinga tercapainya kesejahteraan dan kemadirian masyarakat miskin di pedesaan.

Sebagaimana diketahui, transformasi ini dilakukan untuk menyelamatkan aset negara dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Dalam kegiatan ini terdapat tiga strategi yang dikembangkan Pemkab Tabalong untuk mengsukseskan transformasi eks PNPM-MD menjadi BUMDes Bersama, yakni menjadikan masyarakat miskin sebagai kelompok sasaran,menguatkan sitem pembangunan partisipatif tentang pengembangan kelembagaan kerja dan mengembangkan kerjasama antardesa.