Khofifah Resmikan RSUD Husada Prima, Pengembangan dari RS Paru Surabaya

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah Husada Prima yang merupakan pengembangan dan perluasan dari Rumah Sakit Paru, Kota Surabaya, Jumat (15/4).



"Pelayanan yang fokus terhadap penyakit paru tetap ada, tapi ini dikembangkan dan diinovasikan menjadi lebih luas," ujarnya saat peresmian RSUD Husada Prima di Jalan Karang Tembok, Surabaya.



Meski berubah menjadi rumah sakit umum, namun layanan pengobatan penyakit paru masih dilakukan, hanya saat ini layannya lebih lengkap dari sebelumnya.



Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut berharap peresmian ini menjadi tambahan semangat bagi seluruh tim sehingga mampu memberikan layanan paripurna bagi masyarakat luas.



"Saya mohon ini bisa menjadi energi dan semangat baru agar di dalam memberikan layanan bisa membangun keberseimbangan," ucap Gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.



RSUD Husada Prima, kata dia, telah didukung oleh para dokter spesialis, paramedis dan tenaga medis berkompeten sehingga berbagai layanan unggulan juga telah tersedia.



Pihaknya berharap tim di RSUD bertugas dengan baik dan berupaya membangun sekaligus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap para dokter dan layanan medisnya.



Menurut Khofifah, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap para dokter tinggi, khususnya sejak terjadinya pandemi COVID-19.



Sementara itu, Direktur RSUD Husada Prima, drg Dyah Retno bersyukur atas peresmian yang saat ini lebih luas dan diharapkan semakin berkembang serta dikenal masyarakat.



RSUD Husada Prima, lanjut dia, memiliki empat layanan unggulan yang dilakukan untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.



Pihaknya berkomitmen untuk menawarkan kemudahan dan kecepatan pelayanannya, termasuk keakuratan, hasil hingga kenyamanan pasien serta keluarganya.



"Yang harus diingat, penanganan paru menjadi salah satu unggulan layanan kami, yaitu Paru Paripurna. Kami sebagai institusi pelayanan kesehatan harus ikut mendukung program pengendalian Tubercolosis (TB)," kata dia.



RSUD Husada Prima kini memiliki empat layanan unggulan, salah satunya TB One Stop Service (TOSS) yang mampu memberikan layanan satu pintu bagi penderita penyakit paru dan dilengkapi deteksi dini penyakit paru.



Layanan unggulan lainnya adalah Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) yang merupakan layanan persalinan menggunakan metode persalinan dengan teknik operasi yang telah dikembangkan untuk mempercepat proses pemulihan dibandingkan operasi CS biasa.



Berikutnya, layanan medical check up untuk pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang lebih mudah, akurat, cepat, ekonomis dan nyaman.



Kemudian, Klinik Tumbuh Kembang untuk layanan tumbuh kembang anak terpadu, terintegrasi dan komprehensif yang didukung dengan dokter spesialis anak, psikolog, rehabilitasi medik, behavior terapis dan nutrisionis.



Selain itu, RSUD Husada Prima juga menyediakan instalasi penunjang medik yang beroperasi selama 24 jam, di antaranya kamar operasi infeksius dan non-infeksius, pelayanan bank darah, laboratorium dan radiologi dan fasilitas penunjang lainnya. (Ant)