Cegah Kecurangan, Disperindag Rohul Intensifkan Pengawasan SPBU

Rohul - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Rokan Hulu mengintensifkan pengawasan di setiap SPBU yang berada di jalur mudik sepanjang Jalan Lintas Kabupaten Rokan Hulu. Hal ini guna memastikan tidak adanya kecurangan yang terjadi di SPBU yang dapat merugikan masyarakat menjelang arus mudik Lebaran.

"Pengawasan yang dilakukan merupakan uji kelayakan alat di SPBU agar tidak adanya terjadi takaran yang tidak tepat sehingga dapat merugikan para konsumen dalam membeli BBM, khususnya yang berada pada jalur mudik," ujar Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Rokan Hulu Yurniziarti, baru-baru ini, didampingi Kepala Subbagian dan Tim Pengawas Metrologi Kabupaten Rokan Hulu usai melakukan pengawasan di salah satu SPBU.

Yurniziarti menyampaikan, dari hasil pengawasan yang dilakukan tidak adanya kecurangan yang dijumpai melainkan masih dalam ambang batas kesalahan yang diizinkan, sebab hal ini merupakan antisipasi dari BBM yang memuai.

"Jika adanya kita jumpai SPBU Pertamina yang melakukan kecurangan maka kita akan lakukan TERA ulang di SPBU tersebut. Untuk menghindari hal tersebutlah kita melakukan pengawasan ini bersama ahlinya dari Tim Metrologi, sehingga masyarakat tidak perlu lagi ragu dalam melakukan pengisian BBM di SPBU Pertamina," ujar Yurniziarti.

Dari hasil pengawasan yang dilakukan, Yurniziarti menjamin bahwa SPBU Pertamina yang ada di Rokan Hulu dalam kondisi aman, tidak dijumpai kesalahan selain dari yang diizinkan.

Dinas Perindag Rohul bersama tim Metrologi memulai pengawasan dari SPBU Pertamina yang ada di Desa Aliantan Kecamatan Kabun diteruskan menyusuri hingga ke SPBU yang ada di Desa Talikumain Kecamatan Tambusai dan SPBU yang ada di Kecamatan Kepenuhan.

Sementara itu, salah satu Tim Metrologi Ahmad Ansori mengatakan bahwa dari hasil uji yang dilakukan dengan pengujian pengisian sebanyak 20 Liter menggunakan tiga tahap dengan kecepatan Lambat, Sedang dan Laju. Dimana dari tiga tahap pengujian alat pengisisan tersebut rata-rata normal yang masih masuk dalam kategori kesalahan yang diizinkan.

Lebih detail dirinya juga menjelaskan bahwa dalam pengujian alat pompa SPBU Pertamina tersebut dari setiap SPBU Pertamina yang ada di Sepanjang jalur Mudik Kabupaten Rokan Hulu masih dalam rata rata ambang batas kewajaran kesalahan yang diizinkan, selain itu dirinya bersama tim juga melakukan pengecekan segal alat yang ada dalam mesin pompa pada SPBU.