Pemkab Aceh Barat Dukung Festival Anak Sholeh 2022

Meulaboh - Bupati Aceh Barat yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Nyak Na membuka Festival Anak Sholeh Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Aceh Barat (Ipelmabar) Banda Aceh bersama Ikatan Pelajar Mahasiswa Samatiga (IPMS) yang digelar di aula Kantor Camat Samatiga pada Selasa (19/4).

Festival yang bertujuan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1443 H tersebut akan berlangsung selama dua hari, yakni 19-20 April 2022 dan diikuti sebanyak 192 peserta dari 32 desa dalam Kecamatan Samatiga dengan kelompok usia Sekolah Dasar. Kegiatan ini akan mempertandingkan enam kategori perlombaan, diantaranya lomba mewarnai, lomba tartil Quran, lomba adzan, fashion show, lomba pidato, serta hafalan surat pendek.

"Selaku pemerintah daerah, kami menyambut baik terlaksananya kegiatan ini sebagai langkah untuk membina generasi muda dalam wadah Islami yang juga sejalan dengan tema dalam penyelenggaraan Festival Anak Shaleh tahun ini," ucap Nyak Na.

Menurutnya, dengan adanya perlombaan itu, anak-anak nantinya akan terasah untuk memperoleh pengetahuan, terdidik secara Islami, serta terdorong untuk berkompetisi meningkatkan ketaatannya dari ilmu yang telah dipelajari, sehingga menjadi anak sholeh yang  memiliki  sifat  dan  karakter  islami, kecintaan yang tinggi terhadap Al Quran, serta menjadi dambaan orangtua, bangsa, negara dan agama.

Ia berharap ajang ini tidak hanya dijadikan perlombaan untuk meraih kemenangan semata, namun jadikanlah kegiatan ini sebagai wahana untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat untuk generasi bangsa, mengaktualisasikan prestasi, kreativitas dan bakat anak-anak, serta memperkokoh jalinan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah bagi seluruh komponen bangsa.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi Ipelmabar Banda Aceh dan IPMS yang telah menginisiasi terlaksananya acaranya ini, sebagai wujud dari pengabdian mahasiswa serta menjadi media edukasi bagi anak-anak untuk mengenal dan mencintai islam sejak dini.