TP PKK Kalsel dan Kabupaten Banjar Serahkan Bantuan Sembako untuk PKH

Martapura - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar menyerahkan pemenuhan kebutuhan pangan (sembako) di Kecamatan Martapura Timur, Jumat (22/4).

Penyerahan sembako dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan bagi Keluarga Program Keluarga Harapan (PKH) tersebut diserahkan oleh Raudatul Jannah Sahbirin Noor didampingi oleh Nurgita Tiyas kepada 125 orang.

Kepala Dinsos Provinsi Kalsel Siti Nuriyani menyampaikan, selain sembako juga dilakukan penyerahan pakaian dan perlengkapan sekolah bagi anak dan keluarga PKH yang berprestasi.

"Selain Martapura Timur, pemenuhan kebutuhan pangan di Kalsel juga ada di Kecamatan Martapura Barat, Matraman dan Simpang Empat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Banjar Nurgita Tiyas mengatakan, PKH merupakan salah satu program bantuan sosial Kemensos RI, yakni bantuan sosial bersyarat yang diberikan kepada keluarga pra sejahtera dengan tujuan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan khususnya di Kabupaten Banjar.

“Ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggungjawab dari Pemerintah dan TP PKK Provinsi Kalsel sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat di Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Program PKH diperuntukkan bagi keluarga pra sejahtera, terutama ibu hamil dan anak, dimana dalam bantuan sosial ini terdapat berbagai fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan serta mencakup penyandang disabilitas juga lansia.

Di kesempatan ini juga dilakukan penyerahan pakaian dan perlengkapan sekolah untuk anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH berprestasi secara simbolis diantaranya kepada Wardatul Jihan dengan prestasi TK I dari SDN Melayu Tengah.

Kemudian dilanjutkan penyerahan sembako kepada Asriah dan Sarpiah, penyerahan Lumbung Sosial Kesiapsiagaan Bencana oleh Kepala Dinsos Prov Kalsel kepada Camat Martapura Timur dan penyerahan Baper stok untuk Penanggulangan Bencana oleh Kepala Dinsos Provinsi Kalsel kepada Kepala Dinsos P3AP2KB Banjar.

Pada kegiatan tersebut Ketua TP PKK Banjar juga menyerahkan 3 paket susu kepada 6 orang anak yang diserahkan oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalsel.