IPDN Sumbar dan Pemkab Tanah Datar Kerjasama Penerapan IT di Nagari

Batusangkar - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat akan menggandeng Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk mewujudkan nagari berbasis informasi dan teknologi (IT) dalam pengelolaan pemerintahannya.

Hal itu diutarakan Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat Tun Huseno kepada Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi di ruang kerjanya, Batusangkar, Rabu (24/6). Sekda Irwandi jmengapresiasi program yang dicanangkan pihak IPDN Kampus Sumbar itu.

"Terima kasih atas kepercayaan pihak IPDN Kampus Sumbar karena telah memilih Tanah Datar sebagai pilot project penerapan IT di tingkat nagari, tentu nantinya akan dipelajari secara teknis untuk kelanjutannya,” ujar Irwandi.

Adapun program tersebut melibatkan praja IPDN Sumbar Program Studi Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan (TRIP) di salah satu nagari di Tanah Datar yang akan menerapkan model pengelolaan pemerintah berbasis IT.

“Kita pilih Tanah Datar salah satunya yaitu ikon Sumatera Barat, kita punya mimpi mewujudkan 'smart nagari' untuk dapat ditiru daerah lainnya. Kami berharap Pemkab Tanah Datar menyambutnya dengan tangan terbuka,” ujar Direktur Tun Huseno.

Gayung bersambut, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang mempunyai program smart city melalui Diskominfo ini bertekad pelayananan masyarakat bisa diakses di mana dan kapan saja memanfaatkan teknologi.

“Pemerintah Tanah Datar menerapkan beberapa pelayanan berbasis IT. Dengan program yang dicanangkan pihak IPDN Sumbar, tentu bisa dikolaborasi dengan apa yang sudah terlaksana,” ujar Kadis Diskominfo Tanah Datar Abrar.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Direktur III IPDN Kampus Sumbar Decky Dwi Utomo, Kasubag Kerjasama Anhal Mulya, Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril dan Kabag POD Setda Tanah Datar Herison.