Dinsos Polman Salurkan Bantuan Permakanan bagi Lansia dan Anak Rentan Terlantar

 

Polewali Mandar - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan permakanan bagi lansia rentan terlantar yang berada di Kecamatan Luyo dan anak rentan terlantar di Kecamatan Polewali, Matakali, Wonomulyo, serta Mapilli pada akhir pekan lalu.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar. Ia mengatakan, pada kegiatan ini bukan hanya menyerahkan bantuan permakanan bagi lansia dan anak rentan terlantar, tetapi juga menyalurkan bantuan untuk masjid yang masih dalam tahap pembangunan.

"Pada giat dari Dinas Sosial ini, menyerahkan bantuan kepada lansia dan anak rentan terlantar (yatim/piatu) yang dibantu oleh kepala desa dan karang taruna. Selain menyerahkan bantuan permakanan, juga menyalurkan sumbangan di masjid-masjid, karena di Polman ini ada program kita membantu untuk pembangunan dari pemda. Insya Allah kita punya dana di Dinas Sosial sekitar Rp3 miliar dari APBD, kita akan bantu untuk rehab rumah, sekitar Rp10 juta per satu keluarga untuk bisa membangun rumahnya. Jadi bantuan dari Pemda ini walaupun tanahnya bukan milik pribadi tetapi ada izin dari pemilik lahan, tetap kita bantu untuk pembangunan rumahnya kembali. Adapun total bantuan diberikan dari Dinas Sosial sekitar 30 paket sesuai laporan yang masuk, untuk pembangunan masjid sebelum corona kita siapkan Rp10 miliar per tahun dan untuk tahun ini agak menurun hanya Rp1,5 miliar," jelasnya.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Polewali Mandar Andi Sukma berharap, dengan bantuan ini dapat meringankan beban perekonomian para lansia dan anak yang rentan terlantar dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di bulan Ramadan.

"Kami dari Dinas Sosial ada bantuan permakanan untuk lansia dan anak rentan terlantar (Yatim/Piatu). Untuk bantuan permakanan bagi anak terlantar dan yatim piatu terdapat di Kecamatan Polewali ada anak yang baru meninggal orang tuanya di Kelurahan Manding, Kecamatan Wonomulyo di Desa Banua Baru, ada empat anak yatim piatu. Sedangkan di Kecamatan Luyo di Desa Batupanga Daala dan di Desa Mambu ada lansia yang tidak memiliki anak," jelasnya.

Untuk jenis bantuan yang diberikan per lansia berupa 75 kg beras, 2 dos mie instan, 2 botol kecap, 1 bungkus kopi, 4 kg gula pasir dan 2 kaleng susu. Untuk anak yang rentan terlantar bantuan yang diserahkan berupa 75 kg beras, 4 kg gula pasir, 2 dos mie instan, 4 kaleng susu dan 2 botol kecap.